Puskes-Hewan Kota Cimahi Kendalikan Populasi HPR, Inilah Caranya

Kamis, 30 September 2021 19:21 WIB

Share
Kepala Dispangtan Kota Cimahi Pendi Heryadi. Pihak Dispangtan Kota Cimahi dalam memperingati hari Rabies sedunia 2021 berikan suntikan rabies secara gratis. (foto:Bagdja)

CIMAHI, POSKOTAJABAR.CO.ID.
Dalam memperingati Hari Rabies Sedunia 2021 tingkat Kota Cimahi, Pemerintah Kota memberikan vaksinasi rabies gratis di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Cimahi Jalan Sukimun Kota Cimahi, Kamis (30/9/2021). 

Pada kegiatan tersebut, terdapat pelayanan gratis vaksinasi rabies dengan sasaran anjing, kucing, dan kera atau monyet, serta kebiri bagi hewan kucing jantan. 

Menurut Supendi Heryadi selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi yang didampingi Kabid. Pertanian Dispangtan Kota Cimahi Mita Mustikasari,  layanan vaksinasi rabies gratis pada peringatan Hari Rabies Sedunia rutin dilakukan setiap tahun. 

"Hal ini untuk mencegah kasus rabies muncul di Kota Cimahi," ujarnya.

Hari Rabies Sedunia tahun 2021 bertema “Rabies : Facts, Not Fear” yaitu "Biarkan Fakta Bicara, Hingga Takut pun Sirna" dilaksanakan untuk memastikan  Indonesia bebas dari penyakit rabies pada tahun 2030. 

"Antusias warga sangat tinggi, terbukti pendaftaran langsung penuh. Dilakukan pembatasan karena kita masih situasi pandemi," jelasnya.

Rabies adalah salah satu virus yang menyerang semua mamalia, termasuk anjing, kucing, bahkan menular ke manusia. 

Virus ini akan menyebabkan gangguan otak dan menyerang jaringan sumsum tulang belakang yang sangat vital. Akibatnya, tubuh akan mengalami gangguan fungsi, dan kematian bisa cepat terjadi.

Dinas terkait juga melakukan pengendalian populasi Hewan Penular Rabies (HPR), karena semakin banyak hewan penular rabies maka kemungkinan untuk menyebar penyakit Rabies akan semakin besar. 

Salah satu cara untuk mengontrol populasi hewan dilakukan melalui strerilisasi  dan Kebiri terhadap anjing, kucing dan kera.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler