Bantu IKM Terdampak Pandemi Covid-19, Ini yang Dilakukan Pemprov Jabar

Jumat, 1 Oktober 2021 16:24 WIB

Share
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat Arifin Soedjayana. Pemprov Jabar membangun Material Center untuk membantu para pelaku industri kecil menengah (IKM) yang terdampak pandemi COVID-19. Material Center untuk bahan baku tekstik ada di Bandung dan Majalengka. (foto:Ist)

Herwanto juga mengungkapkan WJIM merupakan forum sinergi pemerintah/otoritas, akademisi, pelaku industri, lembaga keuangan, konsultan dan provider teknis. Selain itu wadah perumusan berbagai kebijakan strategis yang dapat diimplementasikan untuk mendukung percepatan transformasi industri pengolahan, baik skala kecil, menengah maupun besar dalam memasuki industri 4.0.

"Berbagai persiapan dibutuhkan untuk meningkatkan kesiapan Indonesia menuju industri 4.0, mulai dari menentukan parameter kesiapan industri, membangun ekosistem dalam mengakselerasi transformasi. Terdapat enam pihak, sekaligus sebagai komponen dalam WJIM, yang berperan dalam menciptakan ekosistem digital pada industri, yaitu konsultan, teknologi provider, pemerintah dan otoritas terkait, akademisi, industri atau asosiasi dan finansial aktor," ucapnya.

ementara itu, dukungan kepada sektor industri pengolahan dari aspek pembiayaan dalam rangkaian acara dilakukan penandatangan akad pembiayaan investasi untuk mendukung digitalisasi.

"Untuk semakin membuka akses pembiayaan dan peluang pengembangan usaha, rangkaian WJIM 2021 juga dilengkapi dengan business matching pelaku industri dengan perbankan," ujarnya.(Aris)

Halaman
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler