Pemkab dan DPRD Kabupaten Tasikmalaya Setujui Bentuk DOB, Inilah Nama Daerahnya

Senin, 4 Oktober 2021 13:19 WIB

Share
Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al-Ayubi

TASIKMALAYA, POSKOTAJABAR.CO.ID

Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Tasikmalaya sepakat dan setujui Tasik Selatan (Tasela) memisahkan dari Kabupaten Tasikmalaya. Kesepakatan itu muncul setelah eksekutif dan legislatif itu menggelar rapat dengar pendapat, di Gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya

Wakil Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin saat ditemui kegiatan Ziarah ke Makam Pahlawan Kusumah Bangsa  menuturkan, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, disebutkan, dalam pelaksanaan desentralisasi dilakukan penataan daerah yang ditujukan untuk mewujudkan efektivitas penyelenggaraan pemerintah daerah baik segi pelayanan, tata kelola, dan segala aspek dalam penyelenggaraan daerah.

Dengan undang-undang itu, pelaksanaan otonomi daerah memberikan keleluasaan bagi daerah untuk melakukan penataan wilayah secara terencana diperhatikan keseimbangan dari berbagai aspek, sehingga mampu mengatasi berbagai kendala dalam rentang kendali.

Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB)  Tasela itu, lanjut Cecep Nurul Yakin, didasarkan pada banyaknya potensi yang belum tergali dengan maksimal oleh pemerintah saat ini. Ditambah juga adanya berbagai permasalahan dalam pencapaian kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan.

Kata Cecep, DOB ini merupakan keniscayaan karena Tasikmalaya mempunyai 39 kecamatan dan terlalu luas beban untuk pembangunan dan warga masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan ke RSUD SMC harus mengeluarkan uang Rp 150 ribu naik ojek dari Pameutingan setelah itu naik lagi bis, lalu setelah mendapatkan harus pulang lagi ke rumahnya dan pelayanan ini harus benar-benar di dekatkan.

"Salah satu ikhtiar untuk mendekatkan disini kita harus membagi wilayah hukum yakni DOB," ucap Cecep Nurul Yakin, 

Sejauh ini, lanjut Cecep Nurul Yakin, pembentukan Tasela didukung oleh 10 Kecamatan. Di antaranya Cibalong, Parungponteng, Bojongasih, Karangnunggal, Bantarkalong, Cipatujah, Culamega, Cikalong, Pencetengah, dan Cikatomas.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Al-Ayubi mengatakan, pembentukan DOB Tasela sudah sangat layak. Nantinya, pembangunan Tasikmalaya Selatan akan lebih fokus jika terbentuk pemerintahan sendiri. 

Keuntungan lainnya, kata Asep Sopari Al-Ayubi, pelayanan masyarakat akan lebih dekat serta penggalian potensi tidak memerlukan birokrasi yang panjang dan lama. "Karena waktu, jarak juga akan memengaruhi. Kalau sudah terbentuk DOB, akan lebih cepat pelayanan dan birokrasinya, " ujar Asep.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler