Kabupaten Karawang Naik Lagi ke PPKM Level 3, Ini Penyebabnya

Selasa, 5 Oktober 2021 14:25 WIB

Share
Blokade Jalan oleh aparat kepolisian di Kabupaten Karawang untuk mengurangi aktivitas warga saat PPKM level 3. (foto:Ist)

KARAWANG, POSKOTAJABAR.CO.ID
Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Pemkab Karawang naik ke level 3, setelah sebelumnya berada di level 2 selama sebulan lebih. Salah satu penyebabnya adalah vaksinasi bagi lansia (lanjut usia) belum mencapai target.

"Jadi memang daerah lain pun banyak yang naik levelnya. Salah satunya dari faktor vaksinasi lansia," kata Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana, Selasa (5/10/2021).

Fitra menjelaskan pemerintah menambah indiktor dalam penerapan PPKM. Salah satunya target vaksinasi, untuk vaksinasi umum sebanyak 50 persen dan lansia 40 persen.

Untuk itu target vaksinasi lansia di Karawang hanya kurang sedikit. Seharusnya capaiannya 40 persen, akan tetapi Karawang 37,5 persen.

"Kurang sedikit, hanya 2,5 persen saja. Itu yang menjadi salah satu indikator Karawang naik level menjadi PPKM level 3," terang dia.

Fitra menegaskan, Kabupaten Karawang naik level bukan karena adanya peningkatan kasus Covid-19.

Saat ini kasus aktif Covid-19 di Karawang sebanyak 20 orang. Penambahan kasus tiap harinya hanya 1 hingga 3 kasus saja.

Saat ini ratio kematian 4,25 persen dan ratio kesembuhan 96 persen. Ratio kasus aktif 0,05 persen, BOR 2,56 persen, positive rate 0,4 persen pada minggu ini.

"Vaksinasi kita sudah kenceng hanya yang lansianya saja kurang dari 40 persen," ungkap dia.

Fitra menyebut dalam satu pekan ini bakal menggenjot vaksinasi lansia. Sentra vaksinasi dan praktek mandiri bidan (PMB) akan fokus untuk vaksinasi para lansia.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler