Selain Covid-19, Dalam Musim Pancaroba Warga Cimahi Harus Waspada Penyakit Ini

Selasa, 5 Oktober 2021 19:56 WIB

Share
Petugas sedang melakukannya Fogging sebagai upaya untuk memberantas nyamuk penyebab DBD di Kota Cimahi. (foto:Ist).

CIMAHI, POSKOTAJABAR.CO.ID.

Dalam menghadapi cuaca pancaroba saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi mengimbau masyarakat mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD).

Pasalnya, potensi perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti saat musim peralihan ini biasanya meningkat. Dimana sumber virus dangue itu biasanya berkembang pada kubangan air.

"Musim parlaihan kemarau ke hujan atau sebaliknya biasanya lebih banyak nyamuk dan kasus DBD meningkat dibanding musim kemarau panjang," kata Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Romi Abdurahkman, melalui staffnya Eka Febriana, Selasa (5/10/2021).

Berdasatkan catatan Dinas Kesehatan Kota Cimahi, hingga Agustus 2021 sudah ada 79 warga Kota Cimahi yang terkena DBD. Dari puluhan kasus tersebut, 6 orang di antaranya harus meregang nyawa.

Dikatakan Eka, untuk mencegah kasus DBD di tengah pandemi Covid-19 ini, pihaknya bersama petugas di lapangan terus melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit demam berdarah.

Apalagi, Kota Cimahi merupakan daerah endemis DBD, yang artinya selalu ada temuan setiap tahunnya.

"Jadi memang Cimahi ini setiap tahunnya selalu ada kasus DBD, jadi kita endemis," ujarnya.

Pihaknya meminta masyarakat menjalankan Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik, yang bertugas untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di rumahnya masing-masing. Jentik nyamuk biasanya berkembangbiak dalam genangan-genangan air.

Menurutnya, jika masyarakat menjalankan PSN di rumahnya masing-masing, seperti tidak membiarkan adanya genangan air, kasus DBD pun bisa dicegah.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler