Dinsos Kota Bandung Mengentaskan Kemiskinan, Ini Caranya

Jumat, 8 Oktober 2021 21:06 WIB

Share
Kadinsos Kota Bandung Tono Rusdiantoro (tengah) dan Kepala Bidang Data dan Informasi Dinsos Kota Bandung, Susatyo Triwilopo (kanan). (foto:Ist)

Total bantuan berhasil tersalurkan kepada 59.964 Kelompok Penerima Manfaat (KPM). Dari 60 ribu PKM yang ditargetkan, sisanya tidak bisa cair lantaran ada yang meninggal, meningkat taraf ekonomi, dan sejumlah alasan lainnya.

Lebih lanjut Kepala Bidang Data dan Informasi Dinsos Kota Bandung, Susatyo Triwilopo mengungkapkan, untuk pengusulan DTKS bisa dengan tiga cara. Pertama yakni cara klasik melalui kelurahan untuk kemudian diteruskan usulannya kepada Dinsos.

"Kedua bisa melalui bantuan langsung ditunjuk langsung oleh Kementerian Sosial. Ketiga yang baru ini sepanjang masyarakat memenuhi dan layak masuk DTKS bisa mengusulan mandiri masuk aplikasi cek bansos," kata Susatyo.

Masih menurut Susatyo, di aplikasi tersebut masyarakat bisa mengajukan usulan sekaligus melaporkan apabila mendapatkan kekeliruan data penerima. Semisal sudah termasuk DTKS, tetapi nyatanya secara taraf ekonomi tampak sudah mumpuni.

"Di aplikasi itu ada usul dan sanggah. Jadi bisa mengusulkan dan bisa melaporkan apabila melihat warga yang sudah mampu tapi dapat disanggah. Kemudian akan dibahas di kelurahan dan disampaikan usulan ke kita untuk dilakukan perubahan," katanya. (Aris)
 

Halaman
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler