Pemkot Cimahi Dinilai Kurang Serius Aktifkan Kembali Perusda Jati Mandiri, Ini Alasannya

Jumat, 8 Oktober 2021 09:59 WIB

Share
Kepala Bagian (Kabag) Bina Ekonomi Setda Kota Cimahi, Dr Mulyati S.Kep, Ners, MKes. Pemkot Cimahi sedang mengumpulkan dokumen-dokumen dan keuangan kinerja PD Jati Mandiri. (foto : Bagdja)

CIMAHI, POSKOTAJABAR.CO.ID.

Pemerintahan Kota Cimahi dinilai kurang serius untuk mengaktifkan kembali Perusahaan Daerah (Perusda) Jati Mandiri yang vakum dari tahun 2017 hingga sekarang ini.

"Yang jelas sih keseriusan Pemerintahan Kota untuk mengaktifkan kembali PD Jati Mandiri nampaknya kurang serius," kata Anggota Komisi II  DPRD Kota Cimahi dari Fraksi Demokrat, Edi Kanedi,Jumta (8/10/2021).

Kurangnya keseriusan tersebut , kata Edi, dikarenakan jabatan Pelaksanaan Tugas (Plt) Ngatiyana yang tidak mempunyai kewenangan hak prerogatifnya, tanpa ada ijin rekomendasi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) 

"Kalau kemungkinan bisa digulirkan dapat terbentuk kembali Jati Mandiri, benturannya Plt itu, jadi kewenangan ini terbatas dengan aturan, jadi Plt ini tidak bisa bertugas langsung menunjuk," jelasnya.

Bahkan kata Edi, pihaknya terus mendesak pihak pemerintah kota untuk segera mengaktifkan kembali Jati Mandiri, 

"Dari kemarin-kemarin kita sudah ungkapkan bahwa Pemerintah Kota, termasuk khususnya ke Jati Mandiri, kalau memang serius mungkin dari sekarang sudah maju kedua bulan. Paling tidak menetapkan Badan Pengawas yang diusulkan oleh Plt kepada Mendagri, dan Mendagri juga bisa menyetujui, misalkan tetapkanlah si anu, kalau tidak bisa eksekusi langsung atas nama Plt," beber Edi pula.

Karena kata Edi kembali, Mendagri tidak butuh lama.  "Apalagi kalau kemarin dalam sidang bulan September termasuk akan ada sidang lagi tanggal 16 Oktober, harusnya pihak Pemkot sudah siap, kalau file-file suratnya kan belum ada, jadi perdatanya bagaimana, dan pidananya seperti apa?," Jelasnya.

Hal yang sama diungkapkan wakil ketua komisi II Robin Sihombing, menurut Robin, pihaknya setelah beberapa kali melakukan rapat, agar pemerintah Kota serius mempersiapkan dengan tidak melepaskan prosedur dan mekanisme yang ada.

"In Sya Allah dalam waktu dekat ini, keberadaan pada PD Jati Mandiri itu akan kita selesaikan sambil berjalannya proses hukum," tukasnya.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler