Forum RW Cigugur Tengah Kota Cimahi Tujuh Tahun Vakum, Kini Dibentuk Ikaforsi

Selasa, 12 Oktober 2021 11:15 WIB

Share
Lurah Cigugur Tengah Kota Cimahi, Rusli dan Ketua RW se Cigugur Tengah foto bersama usai pelaksanaan peresmian pengurus Ikaforsi RW. (foto:Bagdja)

CIMAHI, POSKOTAJABAR.CO.ID.
Tujuh tahun Forum Rukun Warga (RW) Cigugur Tengah tidak jalan dan tidak berkembang. Kali ini dengan nama baru Ikatan Forum Silaturahmi (Ikaforsi) RW Cigugur Tengah (Ciguteng) Kota Cimahi  terbentuk , Senin (11/10/2021).

Acara pengesahan terpilihnya Ketua Ikaforsi RW Cigugur Tengah dihadiri Lurah Cigugur Tengah Rusli Sudarmadi, S.Ip, Sekretaris Kelurahan Cigugur Tengah Sajidin, Kasie Sapras Asep Badrananto, Kasie Pemerintahan Dian Pratama, Bhabinkamtibmas Kelurahan Cigugur Tengah Aipda Rohendi, Babinsa Kelurahan Cigugur Tengah Serma Tedi.S serta para Ketua RW Se-Kelurahan Cigugur Tengah.

Lurah Rusli Sudarmadi menjelaskan, dirinya serta perangkat  kelurahan lainnya diundang untuk menghadiri peresmian ini.

"Sebetulnya saya tidak tahu Forum ini dibentuk, atas inisiasi para Ketua RW dan kalau berbicara apakah boleh atau tidak dibentuknya Forum RW jawabannya pasti sangat boleh," tegasnya.

Rusli menjelaskan, ketika berbicara regulasinya, Kelurahan itu berpegangan pada Permendagri No.18 Tahun 2018 serta Perda No.1 Tahun 2008.

"RT/RW serta LKD dan LPM merupakan lembaga, jadi kalau ada Forum RT/RW ini di luar kewenangan Kelurahan, dan boleh di bentuk, tetapi pihak Kelurahan belum bisa mengeluarkan atau memberikan SK dalam pembentukan Forum RW," terang Rusli.

Hanya Rusli berharap bahwa Forum RW bisa berdampingan karena dalam Permendagri serta Perda, LKD harus betul-betul beriringan dalam melaksanakan program Kelurahan yang diberikan oleh Pemerintah.

"Mudah-mudahan dengan adanya Forum ini, bisa menjadi pemersatu antar RW diwilayah Cigugur Tengah yang jumlahnya ada 19 RW," harapnya.

Kalau berbicara Kelurahan Cigugur Tengah lanjut Rusli, bahwa mulai dari RW.01 sampai RW.19, dengan adanya Forum RW ini, semua RW di Kelurahan Cigugur Tengah muaranya cuma satu yaitu Kelurahan Cigugur Tengah.

"Kita disini ada Bhabinkamtibmas dan Babinsa, ketika ada permasalahan dan sebagainya, kita perlu koordinasi dan komunikasi yang sangat erat dari para RW,".

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler