Kasus Rekayasa Pembegalan di Garut, Begini Pengakuan Pelaku

Selasa, 12 Oktober 2021 18:18 WIB

Share
Kapores Garut, AKBP Wirdhanto Hadicaksono dengan Tersangka Ineu Siti Nurjanah seusai konferensi pers, di Makopolres Garut. (foto:Ist)

GARUT, POSKOTAJABAR.CO.ID

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Ineu Siti Nurjanah (ISN) (31) Warga Kampung Cikuray Desa Mekarsari Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut, kini mendekam di tahanan Mapolres Garut.   

Ineu  telah melakukan rekayasa berita bohong seolah-oleh menjadi korban begal oleh tiga pengendara motor. Padahal Ineu Siti Nurjanah mempunyai utang kepada rentenir sebesar Rp 20 juta, karena berawal dari pinjaman modal usaha, dari Pinjaman tersebut Ineu arus mengembalikan pinjaman lebih.

Tersangka Ineu Siti Nurjanah sudah tidak mampu mengembalikan bunga yang wajib dibayarkan kepada rentenir itu.  

"Ia lalu meminjam kembali sebanyak Rp. 20 juta dan harus dikembalikan dengan lebih dari Rp 8j uta dengan dalih ada banyak permintaan dari pelanggan," kata Kasat Reskrim Polres Garut, AKP Dede Sopandi, Selasa (12/10/2021).

Menurut Dede Sopandi, dari pinjaman tersebut bunganya terus hingga menggelembung hingga 40 juta rupiah, setelah diakumulasikan menjadi  enam miliar rupiah..

"Dalam menjalankan usahanya sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) Ineu diketahui sudah bisa mengambil balik keuntungan dalam waktu enam bulan tetapi bunganya dilipat-lipatkan sama rentenir itu akhirnya dijadikan 25 miliar rupiah  utangnya," ungkap Dede Sopandi.

Dede memastikan tidak pernah ada uang Rp 1,3 miliar sebagaimana pengakuan Ineu dan itu rekayasa Ineu, agar rekayasa ini dipercaya oleh rentenir.

"Ineu sengaja membuat cerita bohong menjadi korban begal dan dirinya sudah pusing ditagih terus menerus oleh rentenir dan Ia membuat rekayasa dirampok agar dipercaya," ujarnya.

Dede menjelaskan,  Ineu Siti Nurjanah bukan pengusaha telur dan dia adalah seorang Ibu Rumah Tangga biasa, karena terlilit utang kepada rentenir dan dia membuat rekayasa berbohong telah dibegal dan uang Rp 1,3 Milyar dari hasil penjualan telur itu digondol begal.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler