Sudah Ada 30 Orang Kontingen Jabar PON XX Papua Jalani Karantina, Ini Penjelasannya

Rabu, 13 Oktober 2021 21:08 WIB

Share
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Pemprov Jabar menyediakan dua lokasi karantina bagi kontingen PON XX Papua 2021. Saat ini sudah ada tiga puluhan orang yang tengah melaksanakan karantina. (foto:Ist)

BANDUNG, POSKOTAJABAR.CO.ID

Pemprov Jabar menyediakan dua lokasi karantina bagi kontingen PON XX Papua 2021. Saat ini sudah ada tiga puluhan orang yang tengah melaksanakan karantina.

Sekadar diketahui, seluruh kontingen wajib melaksanakan karantina selama 5 x 24 jam di tempat isolasi terpusat yang ditunjuk oleh pemerintah dan satgas Covid-19 daerah.

"Ada lima hari di gedung BPSDM dan yang kedua di mes KONI Jabar karena peraturannya barangsiapa yang ke PON Papua lebih dari tujuh hari, maka pulangnya harus beradaptasi, karantina dulu selama lima hari," ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu 13 Oktober 2021.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Jabar Dewi Sartika membenarkan keterangan Gubernur, tidak hanya itu dia juga menjelaskan saat ini sudah ada tiga puluhan orang dari kontingen PON asal Jabar yang tengah melaksanakan karantina di BPSDM Jabar. 

"Kita siapkan dua lokasi, karena kapasitas di BPSDM terbatas," kata Dewi.

Pemerintah pusat meminta pemerintah daerah melakukan isolasi para atlet PON XX Papua di wilayah masing-masing. 

Hal ini menindaklanjuti munculnya klaster PON. Pemerintah pusat melalui Menko Perekonomian Airlangga Hartarto juga sudah meminta supaya biaya karantina dan tes Corona atlet setiba di kampung halaman juga ditanggung pemerintah daerah.

"Terkait daerah masing-masing diminta untuk menyiapkan isoter di atau isolasi di wilayah atau di daerah masing-masing dan selama 5 hari, dan tentunya akan di-PCR hari pertama dan hari keempat," katanya.

Tidak hanya itu, Airlangga juga menjelaskan, terkait mekanisme kepulangan ini diharapkan biaya tes dan karantina ditanggung oleh pemda dan Satgas Covid daerah.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler