Nah Lho ! Ribuan KTP Elektronik di Kota Cimahi Dibakar, Inilah Maksudnya

Kamis, 14 Oktober 2021 20:58 WIB

Share
Ribuan KTP elektronik yang rusak di Kota Cimahi Dibakar. Hal ini untuk menghindari terjadinya kebocoran data yang banyak disalahgunakan oleh oknum, Kamis (14/10/2021). (foto:Bagdja)

CIMAHI, POSKOTAJABAR.CO.ID.

Ribuan KTP elektronik yang rusak di Kota Cimahi dibakar. Hal ini untuk menghindari terjadinya kebocoran data yang banyak disalahgunakan oleh oknum. Pembakaran tersebut dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi, Kamis (14/10/2021). 

"Sebagai antisipasi penyalahgunaan data penduduk, Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) yang sudah rusak atau invalid harus dilakukan pemusnahan dengan cara dibakar.sesuai amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 104 Tahun 2019 tentang Pendokumentasian Administrasi Kependudukan,"  kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Disdukcapil Kota Cimahi, Rosi Desrita, Kamis (14/10/2021).

Jumlah KTP-el yang dibakar mencapai 3.924 keping. Rinciannya, sebanyak 2.163 keping KTP-el rusak. 

Kemudian 8 keping KTP-el gagal cetak, sebanyak 1.000 keping KTP-el ubah elemen, sebanyak 621 keping KTP-el pindah datang serta sebanyak 122 keping KTP-el gagal encode.

"Kita melakukan pemusnahan KTP-el. totalnya ada sebanyak 3.924 keping," terang Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Disdukcapil Kota Cimahi, Rosi Desrita

Ditambahkan Rosi, semua KTP-el yang dimusnahkan kali ini sudah tidak terpakai lagi. 

"Sebab semua pemiliknya sudah mengantongi KTP-el yang baru sesuai pengajuan dari warga yang bersangkutan," imbuhnya.

Rosipun mencontohkan, seperti KTP-el yang rusak dan pindah datang maka akan dicetak KTP baru. Sementara KTP lamanya dimusnahkan. 

"Jadi memang kalau KTP yang invalid kaya gitu ada penggantian, kemudian yang lamanya  dimusnahkan," tegas Rosi.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler