Waspadalah ! BPBD Kota Cimahi Ajukan Kenaikan Status Kebencanaan Siaga Darurat

Rabu, 3 November 2021 21:21 WIB

Share
Kepala BPBD Kota Cimahi Asep Bahtiar. (foto:Ist)

CIMAHI, POSKOTAJABAR.CO.ID.

Dalam menghadapi situasi musim penghujan saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi menaikan status kebencanaan menjadi siaga darurat.

Musim hujan yang terus menerus mengguyur tersebut, dan munculnya potensi bencana hidrometeorologi. Masyarakat diminta waspada fenomena La Nina.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, Asep Bahtiar, bahwa status siaga bencana tersebut sudah diputuskan oleh unsur pimpinan di Pemkot Cimahi dan sudah diusulkan ke Pemprov Jabar

"Statusnya sudah siaga darurat menghadapi penghujan sesuai keputusan pimpinan. Penetapan itu juga sesuai arahan Provinsi Jawa Barat dan sudah kita sampaikan ke sana," kata Asep kepada pada Rabu (3/11/2021).

Asep menjelaskan, penetapan status kebencanaan dari daerah yang disampaikan ke Provinsi Jawa Barat menjadi rujukan untuk penetapan status kebencanaan daerah di Jawa Barat kedepannya.

"Arahannya memang dari provinsi tapu penetapannya oleh daerah. Laporannya disampaikan ke provinsi untuk menetapkan status bencana hidrometeorologi se-Jawa Barat," tutur Asep.

Asep Bahtiar mengatakan, berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatogi, dan Geofisika (BMKG), saat ini memang sudah memasuki musim penghujan, yang puncaknya diprediksi akan terjadi Desember 2021.

"Januari itu sedikit landai, Februari-Maret itu prakiraan BMKG akan tinggi lagi curah hujannya. Jadi kita imbau masyarakat selalu waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan," tukas Asep kembali.

Dikatakan Asep, bencana hidrometeorologi yang berpotensi terjadi di Kota Cimahi di antaranya banjir, longsor hingga angin puting beliung. Apalagi curah hujan di Kota Cimahi belakangan ini mengalami peningkatan.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler