TPA Sarimukti Tutup Sementara, Ini Penyebabnya

Minggu, 7 November 2021 04:29 WIB

Share
Dokumentasi saat truk sampah masih bisa bongkar muat di TPA Sarimukti (Twitter Disperkimtan)

BANDUNG, POSKOTAJABAR.CO.ID

TPA Sarimukti ditutup sementara, tidak bisa melakukan pelayanan bongkar muat sampah, di mulai Sabtu 6 November 2021.

"Jadi per hari ini TPA Sarimukti Stop beroperasi," kata Koordinator Pengelola TPA Sarimukti, Riswanto saat dikonformasi wartawan.

Riswanto menjelaskan TPA Sarimukti ditutup sementara karena bahan bakar minyak (BBM) untuk alat berat yang ada di TPA Sarimukti habis.

Akibatnya sejumlah alat berat seperti backhoe, dan peralatan lainnya, tidak bisa beroperasi melakukan kegiatan sanitary landfill.

"Memang betul, alat berat di sini tidak beroperasi karena bahan bakar habis. Dari pihak Pemprov Jabar ada keterlambatan pengiriman ke TPA," katanya.


Menurutnya, kondisi itu membuat aktivitas sanitary landfill terhenti. Yaitu proses sistem pengelolaan sampah menggunakan alat berat dengan cara membuang dan menumpuk sampah ke suatu lokasi yang cekung, memadatkan sampah tersebut, kemudian menutupnya dengan tanah.

Sebenarnya, truk pengangkut sampah dari Bandung Raya masih tetap bisa masuk ke TPA Sarimukti. Hanya saja sampahnya tidak bisa diturunkan karena bahan bakar alat berat untuk mengolah sampah habis.
Sehingga sampah masih di truk kendati truk sudah antre di TPA.

"Kondisi itu yang membuat sejumlah truk berjejer di TPA Sarimukti. Untuk itu dirinya mengimbau para sopir truk sampah bersabar dulu sambil menunggu pasokan bahan bakar untuk alat berat datang," tuturnya sambil menyebutkan tidak mengetahui pasti alasan keterlambatan BBM tersebut.

Sejauh ini TPA Sarimukti setiap harinya menerima sampah dari wilayah Bandung Raya sebanyak 2.000 ton. Kota Bandung menjadi wilayah paling banyak membuang sampah ke TPA Sarimukti yakni 1.200 ton/hari.

Adanya kejadian ini maka untuk sementara sampah dari Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan KBB, belum bisa dibuang.

Dari pantauan di lapangan armada DLH KBB sampai saat ini belum bisa buang sampah ke Sarimukti dan akhirnya mobil dump truk penuh dengan sampah.


Bahkan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat (KBB) sudah kasih pengumuman kepada warga KBB, TPA Sarimukti tutup sementara, tidak bisa melakukan pelayanan, di mulai hari ini.

"Jadi per Hari ini TPA Sarimukti Stop beroperasi dulu. Sampai kapan nya belum dipastikan, karena ada kendala alat berat loder dan lain lainnya habis BBM nya,"ujarnya dalam rilis tertulis, Jumat (5/11/2021)

Lanjut DLH KBB menyebutkan sedangkan pengelola di sana adalah DLH Provinsi. Dan itu bukan kesalahan dari DLH Kabupaten Bandung Barat. Kebetulan saja tempatnya di kec Cipatat wilayah kab Bandung Barat.

"Untuk itu dimohon pengertiannya, pastinya sampah akan menumpuk dimana mana apalagi di tambah musim hujan seperti ini,"pungkasnya. (Aris)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler