DLH Kota Cimahi Imbau Masyarakat Dapat Memilah Sampah, Inilah Maksudnya

Selasa, 9 November 2021 16:03 WIB

Share
Kepala DLH Kota Cimahi, Lilik Setyaningsih, imbau masyarakat Cimahi dapat memilah-milah sampah rumah tangga sejak dari rumah. (foto:Bagdja)

CIMAHI, POSKOTAJABAR.CO.ID.

Untuk mengurangi beban biaya pembuangan sampah dari Cimahi ke TPA. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi meminta masyarakat untuk dapat memilah-milah sampah rumah  tangga,sejak dari rumah. 

Pasalnya, kata Kepala DLH Kota Cimahi, Lilik Setyaningsih pihaknya sudah mengestimasikan biaya angkut sampah ke TPPAS Legok Nangka yang mencapai Rp 23 miliar per tahun dari total sekitar 150 ton sampah per hari.   

Biaya angkut sampah tahun 2023 hampir dipastikan membengkak seiring dialihkannya pembuangan sampah dari TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat ke TPPAS Legok Nangka, Kabupaten Bandung.

"Tapi kan kemarin sudah ada kesepakatan kita minimal buang sampah 200 ton, jadi otomatis lebih membengkak lagi. Lebih besar dari Rp 23 miliar," terang Lilik pada Selasa (9/11/2021).

Biaya beban angkut sampah dari Kota Cimahi itu melonjak tajam dibandingkan biaya pengangkutan dari Kota Cimahi ke TPA Sarimukti yang mencapai Rp 16 miliar per tahun, yang meliputi pembayaran Kompensasi Jasa Pelayanan (KJP) dan Kompensasi Dampak Negatif (KDN).

Lanjut Lilik, bahwa untuk saat ini volume sampah yang dihasilkan masyarakat Kota Cimahi mencapai 273 ton per hari. Namun dirinya memprediksi volumenya akan naik hingga 300 ton dalam beberapa tahun ke depan seiring bertambahnya jumlah penduduk.

"Rata-rata timbulan sampah 273 ton per hari, tapi ke depan dengan bertambahnya penduduk bisa saja sampai 300 ton," jelas Lilik.

Dengan kondisi tersebut, Lilik mengajak semua masyarakat untuk ikut berperan dalam mengurangi sampah yang dibuang ke TPA. Di antaranya dengan melakukan pemilahan sampah sejak dari rumah.

"Kita minta masyarakat turun berperan aktif untuk mengurangi sampah sejak dari rumah. Sampah juga bisa bermanfaat kalau dikelola dengan baik," imbuhnya.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler