Anak Sekolah 6-11 Tahun di Kota Cimahi Boleh Divaksin, Inilah Jenisnya

Rabu, 10 November 2021 06:59 WIB

Share
Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Harjono. (foto:Ist)

CIMAHI, POSKOTAJABAR.CO.ID

Seiring diperbolehkannya vaksin jenis Sinovac untuk anak dibawah 12 tahun, maka anak sekolah usia 6-11 tahun di Kota Cimahi akan segera divaksin  Covid-19. 

Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Harjono, Berdasarkan data perkiraan di Dinas Pendidikan Kota Cimahi, jumlah anak sekolah TK, PAUD hingga SD yang sudah berusia 6 tahun mencapai sekitar 50 ribu orang. Jumlah itu tidak termasuk anak SD berusia 12 tahun yang sudah divaksin.

"Kalau melihat jumlah siswa, sasaran vaksin anak yang berusia 6 tahun ke atas itu diperkirakan ada sekitar 50 ribu," terang Harjono, Selasa (9/11/2021).

Meski sudah diperbolehkan divaksin, namun Harjono belum bisa memastikan waktu pelaksanaannya. Sebab untuk sementara ini, kata dia, pihaknya masih fokus untuk melakukan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

"BIAS belum selesai. Rencananya akan selesaikan BIAS dulu sambil nunggu kuota vaksin dari Pemprov untuk anak 6-11 tahun," ujarnya.

Sebelumnya, vaksin terhadap anak sekolah sudah dilakukan untuk anak SD dan SMP yang berusia 12 tahun ke atas. Meski begitu, banyak siswa SD yang berusia 12 tahun yang belum divaksin. Sedangkan untuk SMP cakupannya nyaris mencapai 100 persen.

Hal senada pula diterangkan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Dwihadi Isnalini, memang Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah memberikan izin vaksin jenis Sinovac untuk anak 6-11 tahun.

"Dari BPOM mengeluarkan izin Sinovac boleh digunakan (anak 6-11 tahun) tapi terkait pelaksanaan akan keluar edaran dari Kemenkes," kata Dwihadi.

Sebagai persiapan, pihaknya saat ini masih menggodok teknis pelaksanan vaksinasi Covid-19 untuk anak nanti.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler