BBM TPA Sarimukti Habis karena Faktor Perubahan Cuaca, Penjelasannya Ini

Sabtu, 13 November 2021 15:53 WIB

Share
Sisa-sisa sampah yang belum terangkat di Jl Sukajadi, Kota Bandung, beberapa waktu lalu. (foto:Ist)

BANDUNG, POSKOTAJABAR.CO.ID
Kabid Konservasi dan Pengendalian Iklim DLH Jabar, Helmi Gunawan memastikan proses pembuangan sampah Bandung Raya ke TPA Sarimukti masih bisa berlangsung, sampai Desember masih lancar.

Sebagaimana diketahui, Jumat dan Sabtu kemarin aktivitas pembuangan sampah ke TPA Sarimukti terkendala gegara pasokan BBM untuk alat berat, habis.

"In Sya Allah sampai Desember masih lancar. Karena upaya-upaya pengurangan di provinsi, upaya pengurangannya yang diperbesar," katanya di Gedung Sate, Jumat, 12 November 2021.

Soal habisnya BBM, Helmi menjelaskan hal itu juga turut dipengaruhi faktor perubahan cuaca. Sehingga, hal itu berimbas pada ketersediaan BBM.

"Karena kalau kita lihat ada kesulitan Juni Agustus banyak terjadi perubahan cuaca. Jadi manuver dan kondisi operasional di sana susah, sulit. Jadi mau tidak mau kita melihat 12 bulan BBM akhirnya berkurang," kata Helmi.

Untuk itu dijelaskan Helmi, timbunan sampah dari wilayah Bandung Raya yang masuk ke TPA Sarimukti juga mengalami peningkatan.

Jika pada 2006 lalu hanya tiga kabupaten dan kota saja yang membuang sampah di TPA Sarimukti, saat ini bertambah.

"Akhirnya (jumlah sampah) bertambah (dari) 1.200 ton per hari jadi 1.900 ton. Dua hari yang kemarin Kota Bandung sudah 1.300-an sudah lebih dari itu," tuturnya.

Sebelumnya, Kabid Kebersihan DLHK Kota Bandung Sopyan Hernadi mengatakan saat ini sampah jadi ancaman serius bagi Kota Bandung.

Tumpukan sampah, Kata Sopyan Hernadi, dikhawatirkan terjadi di mana-mana, seiring terjadinya perubahan jadwal pengangkutan dan operasional TPA Sarimukti.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler