Bendungan Leuwi Keris Ciamis Secara Resmi Dialihkan, Ini Penjelasannya 

Sabtu, 13 November 2021 06:19 WIB

Share
Wakil Bupati Ciamis,Yana D putra menyampaikan sambutan dalam pengalihan bendungan Leuwi Keris. (Foto:Ist)

TASIKMALAYA, POSKOTAJABAR.CO.ID

Wakil Bupati Ciamis Yana  D Putra menghadiri acara peresmian pengalihan sungai (River Diversion) Bendungan Leuwi Keris bertempat di Desa Handap Herang Kecamatan Cijengjing Kabupaten Ciamis, jumat (12/11/2021). 

Acara pengalihan sungai bendungan Leuwi Keris tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI. 

Turut Hadir dalam acara tersebut perwakilan Jendral Sumber Daya Air, W, Wakil Bupati Tasik, Walikota Banjar, Walikota Tasikmalaya, Kepala BBWS, Direktur Penyedia Jasa, serta para Unsur Forkopimda. 

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Yana D Putra mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Pemerintah Pusat melalui kementrian PUPR atas telah di bangunnya bendungan Leuwi Keris. 

Menurut Yana D Putra dengan dilakukanya pengalihan River Diversion aliran sungai Citanduy ini diharapkan pekerjaan kontruksi utama bendungan dapat selesai sesuai dengan target yang direncanakan. 

Rencana pembangunan sendiri akan selesai pada tahun 2023 dan secara lamgsung akan diresmikan dan dimanfaatkan airnya oleh masyarakat Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis serta warga masyarakat kota Banjar, " ucapnya

Ia menuturkan bahwa Kabupaten Ciamis khususnya Kecamatan Lakbok dan Purwadadi merupakan salah satu daerah lumbung padi di Jawa Barat dan juga nasional. 

"Bendungan Leuwi Keris ini diharapkan dapat menyuplai air irigasi khususnya daerah irigasi Lakbok Utara dengan luas areal 6.600 hektar dan daerah irigasi Lakbok Selatan dengan luas areal 4.600 hektar," katanya. 

Sehingga dengan adanya bendungan Leuwi Keris ini diharapkan dapat menyuplai air irigasi di kedua Kecamatan tersebut dan dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat pada umumnya. 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler