Aplikasi Sidakeptri-Silima Permudah  Informasi Ketenagakerjaan, Begini Penjelasannya

Selasa, 16 November 2021 22:20 WIB

Share
Plt Walikota Cimahi Ngatiyana saat memberikan sambutan dalam kemudahan untuk masyarakat Cimahi terkait informasi ketenagaakerjaan pada masyarakat dapat menggunakan aplikasi Sidakeptri atau Silima. (foto:Bagdja)

 

CIMAHI, POSKOTAJABAR.CO.ID.

Untuk kemudahan bagi masyarakat, tentang informasi ketenagakerjaan, masyarakat dapat menggunakan aplikasi Sistem Informasi Data Ketenagakerjaan dan Pelatihan Terintegrasi (Sidakeptri) atau    Sistem Link And Match   (Silima), pada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cimahi.

Disnaker telah menginisiasi aplikasi Sidakeptri, karena Aplikasi ini merupakan perwujudan dari pengelolaan dan pengembangan sistem ketenagakerjaan dalam bentuk sarana pelayanan secara online, yang melibatkan kelima pilar ketenagakerjaan.

Sidapektri merupakan transformasi dari pengembangan aplikasi Silima yang sudah ada. Keduanya bertautan untuk memberi kemudahan kepada masyarakat dalam informasi mengenai ketenagakerjaan.

Plt. Walikota Cimahi, Ngatiyana juga membenarkan, bahwa dari salah satu misi Kota Cimahi yaitu meningkatkan kualitas dan kuantitas kesempatan kerja.

Sasaran penyelenggaraan pembinaan ketenagakerjaan terutama untuk meningkatkan jumlah tenaga kerja yang produktif dan berkualitas, dalam hubungan kerja yang harmonis dan saling menguntungkan.

"Apalagi Kota Cimahi termasuk kota yang memiliki angka Tingkat Pertumbuhan Angkatan Kerja (TPAK) yang sangat besar, dapat menjadi modal atau potensi untuk menciptakan pertumbuhan yang tinggi, sesuai dengan arah prediksi dari bonus demografi,” terangnya.

Disisilain Ngatiyana juga mengakui, bahwa jumlah angkatan kerja terus bertambah, apalagi ditengah pandemi Covid-19 penyerapan tenaga kerja menurun seiring lesunya perekonomian.

"Bukan hanya untuk pencari kerja, tetapi aplikasi Silima dam Sidakeptri juga bermanfaat bagi pekerja yang terdampak pandemik covid-19.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler