Istri Dituntut 1 Tahun Gegara Marahi Suami, Inilah Tanggapan Wagub Jabar

Jumat, 19 November 2021 08:39 WIB

Share
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum di SMAN 3 Kota Depok, Senin 15 November 2021. (foto:Ist)

BANDUNG, POSKOTAJABAR.CO.ID
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum ikut komentari kasus istri dituntut 1 tahun penjara gegara ngomelin suami. Sasaran tembaknya, aparat penegak hukum (APH).

Ruzhanul Ulum tegaskan,  APH sebaiknya lebih bijak dalam mengawal kasus istri yang dituntut 1 tahun penjara, itu. Harapannya, tidak ada lagi kasus serupa yang naik ke ranah hukum.

"Pihak APH harus ada kebijaksanaan, karena kebijaksanaan itu diakui Pancasila. Di dalamnya ada permusyawaratan, semua pihak saling memaafkan, kalau pun masuk ke ranah hukum harus ada kebijaksanaan dari APH," ujarnya, Kamis 18 November 2021.

Informasi yang didapat, korban berinisial V menikah dengan suaminya CYC dan sempat tinggal di Taiwan. Istri kemudian memutuskan kembali ke Indonesia bersama suaminya dan menjadi tulang punggung keluarga hingga akhirnya bercerai karena sering mendapatkan kekerasan secara berlapis.

Selain itu CYC juga diketahui memiliki tabiat sering berutang dan mabuk-mabukan. Kendati begitu, V malah dituntut 1 tahun penjara karena mengomeli kelakuan CYC.

"Makanya di sini harapan kami, kalau kita lihat kewajiban seorang suami itu memberikan nafkah kepada istri. Kalau tidak memberikan nafkah itu berdosa, nafkah itu bisa dihitung misal untuk kebutuhan hidup Rp 5 juta per bulan, kalau tidak memberikan nafkah suami punya utang, intinya suami harus punya tanggung jawab," katanya.

Uu mengatakan, perilaku suka mabuk-mabukan dilarang agama dan negara. Sementara itu, seorang istri pun wajib taat kepada suami sepanjang tidak melanggar aturan agama dan negara.

"Menurut kami dalam aturan agama Islam itu ada maaf, maka yang lebih baik dan lebih mashlahat istri memaafkan suami, dan suami memaafkan istri," tuturnya.(Aris)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler