Longsoran di Blok Cikupakan Garut, Bawa  Mterial Bongkahan Besi dan Batu Besar

Selasa, 23 November 2021 07:37 WIB

Share
Camat Pasirwangi, Saepul Hidayat, meninjau secara langsung Sungai Cipanday, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, (Foto:Ist)

GARUT, POSKOTAJABAR.CO.ID

Camat Pasirwangi Saepul Hidayat meninjau dampak terjadinya longsor  yang terjadi pada Hari Jum'at (19/11/2021) lalu, ternyata material longsoran membawa bongkahan besi tersebut terbawa dari hanyutnya Jembatan Cikupakan. 

"Sungai Cipanday ini adalah perbatasan Desa Sarimukti Kecamatan Pasirwangi dengan Kecamatan Sukaresmi,  besi-besi bongkahan yang terbawa hanyut ini dari jembatan Cikupakan," ujar Saepul, Senin(22/11/2021)

Saepul menuturkan, selain merusak besi yang ada di sekitar jalan Blok Cikupakan, longsor ini juga menghancurkan beton-beton yang ada di sekitar jalan dan jembatan.

"Ini posisinya disekitar banjir bandang dan ini banyak sekali besi-besi, jadi memang sangat besar sekali hingga menghancurkan beton-beton yang ada di jalan, yang ada di jembatan," tuturnya.

Bahkan, saking dahsyatnya longsor yang terjadi di Pasirwangi, ada material longsor berupa batu besar, dan mendarat di Sungai Cipanday.

"Ini adalah batu bawaan dari longsoran, terbayang dahsyatnya banjir bandang kemarin sampai membawa batu batu besar ini. Awalnya ini tidak ada batu, tapi sekarang ada batu batu besar yang terbawa dari atas." tandasnya.

Dalam video lainnya, camat memperlihatkan sebagian perkebunan dibantaran Sungai Cipanday yang rusak akibat longsor dan ada sekitar dua hektar area sawah dan perkebunan mengalami kerusakan. Hingga kini, pihak kecamatan setempat masih melakukan assesment terkait infrastruktur disekitar kejadian," terangnya. (Kris)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler