RSUD Karawang Hadapi Prediksi Gelombang Ketiga Covid-19, Ini Strateginya 

Selasa, 23 November 2021 07:50 WIB

Share
Plt Dirut RSUD Karawang, Fitra Hergyana. (foto:ist)

,KARAWANG, POSKOTAJABAR.CO.ID.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Karawang tengah bersiap-siap untuk antisipasi gelombang ketiga Covid-19.

Plt Direktur RSUD Karawang, dr Fitra Hergyana mengatakan pihaknya sudah bersiap-siap untuk menanggulangi prediksi gelombang ketiga Covid-19.

Prediksi ini juga sudah disampaikan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia atas peringatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) atas potensi terjadinya gelombang ketiga virus Corona.

"WHO, Kemenkes dan Pak Presiden Joko Widodo mengingatkan agar setiap daerah dan rumah sakit daerah melakukan persiapan kemungkinan gelombang ketiga," kata Fitra, kemarin.

Fitra menuturkan, sejumlah persiapan yang dilakukan RSUD Karawang yakni adalah mengubah kasur rawat inap pasien biasa untuk tempat tidur pasien Covid-19.

"Memperkuat strategi kesiapan dalam isu atau prediksi adanya gelombang ketiga kenaikan kasus Covid-19, dengan siap merubah kapasitas bed rawat inap pelayanan non-covid menjadi pelayanan isolasi Covid-19," kata Fitra.

Nantinya, jumlah bed yang akan disiapkan untuk pasien Covid-19 akan berjumlah 150. Jika itu kurang, pihaknya juga sudah mempersiapkan gedung khusus pasien Covid-19 dengan kapasitas sekira 100 pasien.

"Kita bercermin pada puncak kasus tertinggi Covid-19 pada bulan Juli 2021. Dengan persiapan itu dirasa cukup, ditambah juga kan rumah sakit swasta lainnya juga menyiapkan kamar khusus pasien Covid-19," beber dia.

Selain persiapan kamar, kata Fitra, pihaknya mempersiapkan 78 dokter spesialis dan dokter umum untuk penanganan pasien Covid-19.

Sejumlah perawatan tambahan juga disiagakan jika terjadi lonjakan kasus.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler