Bupati Ciamis Berikan Reward kepada 45 Desa Raih Status Mandiri, Inilah Desanya

Rabu, 24 November 2021 18:44 WIB

Share
45 Desa status mandiri diberikan reward dari pemda Ciamis berupa piagam penghargaan dan uang tunai Rp 5 juta, Rabu (24/11/2021). (foto:Ist)

CIAMIS, POSKOTAJABAR.CO.ID

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menyerahkan reward kepada 45 Desa di Kabupaten Ciamis yang telah mencapai status Indeks Desa Membangun (IDM) dengan kategori Mandiri. Penyerahan reward tersebut dilakukan di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Rabu (24/11/2021).

Dalam pengukuran status desa dilakukan oleh Kementerian Desa, terdapat lima klasifikasi status desa dalam IDM. Lima status itu adalah (1) Desa Sangat Tertinggal, (2) Desa Tertinggal, (3) Desa Berkembang, (4) Desa Maju dan (5) Desa Mandiri.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengungkapkan, perkembangan status IDM Kabupaten Ciamis mengalami peningkatan setiap tahunnya, sejak tahun 2020 capaian desa mandiri baru ada 19 desa. Di tahun 2021 ini  bertambah 26 desa mandiri sehingga jumlahnya ada 45 desa mandiri di Kabupaten Ciamis.

“Sementara, untuk desa maju sebanyak 120 desa, desa berkembang sebanyak 93 desa. Untuk status desa tertinggal dan sangat tertinggal sejak tahun 2020 sudah tidak ada lagi,” tambah Herdiat.

Dia menjelaskan, IDM sebagai alat ukur untuk memotret kemandirian desa. Dijelaskannya ada tiga indeks teknis yakni, sosial, ekonomi, ekologi. 

“IDM dikembangkan berdasarkan konsepsi bahwa untuk menuju Desa maju dan mandiri perlu kerangka kerja pembangunan berkelanjutan. Tiga dasar (sosial, ekonomi, ekologi) tersebut sebagai upaya mensejahterakan masyarakat,” jelasnya.

Menurut Herdiat, untuk mencapai status desa mandiri perlu waktu dan kerja keras dan kolaborasi semua pihak. Sudah sepantasnya Pemerintah Kabupaten Ciamis memberikan reward kepada kepala desa. 

“Reward ini paling tidak untuk menjadi motivasi bagi 93 desa yang masih berstatus desa berkembang dan 120 desa maju agar memiliki keinginan untuk meningkatkan peringkatnya,” imbuhnya.

Melalui penilaian status IDM menjadi tolak ukur keberhasilan desa dalam melaksanakan tugas pemerintahnya. Bagi Desa yang meraih predikat mandiri, ia berpesan agar di pertahankan dan tingkatkan inovasinya.

Halaman
1 2 3 4 5 6 7
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler