Meski Sekolah Daring di Masa Covid-19, Guru Dituntut Profesional

Kamis, 25 November 2021 16:35 WIB

Share
Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Karawang Yan Zuwarsyah bersama sekretaris. (foto:asl)

KARAWANG, POSKOTAJABARCO.ID,

Di tengah tengah suasana pandemi Covid- 19 seorang guru di tuntut profesional, sabar dan cerdas dalam melaksanakan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) karena sebelumnya pembelajaran bagi peserta didik dilakukan secara during.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Karawang, Yan Zuwarsyah mengungkapkan hal itu ketika diminta tanggapannya terkait Hari Guru yang diperingati setiap tanggal 25 November.

Menurut Yan Zuwarsyah, ketika pembelajaran dilakukan secara daring di masa pandemi ini banyak sekolah terkadang merasa kesulitan sekali dalam melaksanakan belajar jarak jauh. Penyebabnya masalah keterbatasan kuota, ganguan  sinyal dan ketebatasan lainya.

"Jadi untuk meningkatan mutu pendidikan sangat sulit sekarang ini, tetapi  guru tetap terus berupaya berbagai strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam masa pandemik ini. Ya itu guru harus tetap profesional,"kata Yan Zuwarsyah.

Hal tersebut (daring), kata Yan Zuwarsyah, untuk memutus penyebaran Covid-19 dengan membatasi kegiatan yang sifatnya berkerumun.

"Ada pun yang sudah melakukan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) harus menerpkan prokes yang ketat," terangnya.

Sementara Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Karawang, Ono Supriatno menambahkan, guru harus profesional dengan melaksanakan 4 kompetensi guru sebagai tupoksinya antara lain kompetensi keperibadian, sosial,  pedagogik dan kopentesi profesional.

"Dengan mulainya pembelajaran tatap muka makin memotivasi guru untuk meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan profesionalismenya,"ucap Ono Supriatno.(asl)

 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler