Kopi Muncar Moncer Kenalkan Temanggung ke Dunia

Rabu, 1 Desember 2021 20:41 WIB

Share
Kopi Muncar Moncer Kenalkan Temanggung ke Dunia
Menikmati hangatnya secangkir kopi di dataran tinggi dengan pemandangan pegunungan menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Desa Muncar di Temanggung, Jawa Tengah. (ist)

JAKARTA, POSKOTAJABAR.CO.ID - 

Siapa sangka sebuah desa kecil di Temanggung, Jawa Tengah telah mendunia. Hal itu diraih tidak lepas dari ketekunan dan ketelatenan warganya dalam menghasilkan kopi dengan cita rasa yang berkualitas. 

Ya, itulah Desa Muncar. Desa tersebut merupakan satu dari 14 desa yang dibina Astra melalui program Desa Sejahtera Astra (DSA) yang terletak di dataran tinggi Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Prau. Dengan letak geografis itu Desa Muncar telah menghasilkan produk biji kopi robusta yang saat ini telah dikenalkan ke Belanda. 

Menurut Fasilitator DSA Temanggung Ahmad Sofiyudin, kopi yang dipromosikan ke Negeri Kincir Angin tersebut memiliki kualitas yang bagus dengan harga lebih dari Rp40.000 per kilogram. Lebih tinggi dari harga di level petani yang biasanya hanya Rp26.000 per kilogram, sehingga dapat menambah pendapatan para petani kopi.

“Hingga tahun 2021, pendapatan petani setempat mengalami kenaikan dari hasil produksi kopi. Para petani memperoleh pendapatan hingga Rp30 juta per tahun,” ungkapnya kepada Poskota beberapa waktu lalu. Iapun menargetkan setiap bulan sebanyak 20 ton kopi dikirim ke Belanda dengan gratis sertifikasi.  

 

Desa Muncar, Temanggung, Jawa Tengah yang berada di dataran tinggi Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Prau. (ist)

 

Dukungan ASTRA 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar