Keutamaan dan Manfaat dari Surah Al Waqiah 

Selasa, 18 Mei 2021 03:39 WIB

Share
(ra)

BANDUNG,POSKOTAJABAR.CO.ID

Surah Al Waqiah termasuk dalam golongan surah Makkiyah yang merupakan surah ke-56 dalam Al quran yang terdiri dari 96 ayat.

Gambaran surah ini menerangkan bahwa di hari hisab nanti manusia akan dibagi menjadi tiga golongan yaitu, golongan manusia yang segera menjalankan kebaikan (As Shabiqun), golongan kanan (Ashabul Yamiin) dan golongan kiri ( Askhabus Syimal).

 

(ra)


Surah Al Waqiah artinya Hari Kiamat, yang menjelaskan keadaan manusia pada hari kiamat. Bagi orang yang membacanya pengingat dari sifat lalai sesuai Hadist Rasulullah bersabda:

“Barang siapa yang membaca surah Al Waqiah, maka ia akan dicatat tidak tergolong pada orang yang lalai”.(HR Ubay Bin Ka’ab).


Keutamaan dan manfaat dari surah Al Waqiah ini sebagai berikut:

1. Mengetahui Keadaan Penghuni Neraka

Dalam surah Al Waqiah dijelaskan bagaimana keadaan manusia penghuni neraka, Mereka dalam siksaan angin yang sangat panas dan air mendidih. Seperti dijelaskan dalam surah al waqiah ayat 42-46 sebagai berikut:

“Mereka dalam siksaan angin yang sangat panas dan air yang mendidih, dan naungan asap yang hitam, tidak sejuk dan juga tidak menyenangkan, Sesungguhnya sebelum itu (dahulu) hidup dalam bermewah-mewah,dan mereka terus-menerus mengerjakan dosa yang besar.”

Halaman
1 2
Reporter: Rady
Editor: Rady
Sumber: Poskota Jabar
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler