Sholat Dhuha Keutamaan dan Manfaatnya

Selasa, 18 Mei 2021 01:52 WIB

Share
(ra)

BANDUNG,POSKOTAJABAR.CO.ID

Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu dhuha, atau ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta. Sholat dhuha ini biasanya dikerjakaan pada perkiraan waktu pukul 7 pagi hingga menjelang zuhur.

Jumlah rakaat sholat dhuha paling sedikit 2 rakaat dan maksimal dikerjakan 12 rakaat. Sholat dhuha memiliki keutamaan yaitu diampuni segala dosa seperti dijelaskan dalam sebuah hadist Riwayat At Tirmidzi dan Ibnu Majah :

“Siapa saja yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan”.(HR. At-Tarmidzi).


Sholat dhuha juga merupakan bentuk taubat seorang hamba kepada Allah seperti dijelaskan dalam hadist :

“Hanya orang yang bertaubat yang memelihara sholat dhuha karena sholat dhuha adalah sholatnya orang yang bertaubat”.( HR Ibnu Khuzaiman dan Hakim).


Setiap umat Islam memiliki impian untuk melaksanakan ibadah Haji, Namun tidak semua umat Islam mampu melaksanakan ibadah Haji.Dengan mengerjakan sholat dhuha bisa mendapatkan pahala ibadah Haji.


Hadist dari Anas RA “Barangsiapa yang mengerjakan sholat fajar (subuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia sholat dua rakaat (dhuha),ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah, sempurna,sempurna,sempurna.


Manfaat sholat dhuha untuk mempermudah rizki juga melapangkan dada dan menghilangkan stress Seperti keterangan dari Dr.Ebrahim Kazim, Seorang dokter, peneliti menyatakan bahwa Gerakan teratur dalam sholat menguatkan otot beserta tendonnya, sendi serta berefek luar biasa terhadap sistem kardiovaskular.

Reporter: Rady
Editor: Rady
Sumber: Poskota Jabar
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler