Malam Lailatul Qadar Ramadhan 1442 H: Amalan, Doa ,Makna, dan Keistimewaannya

Minggu, 2 Mei 2021 15:20 WIB

Share
Doa Pagi dan petang untuk memohon perlindungan - foto tongkoronganislam

BANDUNG,POSKOTAJABAR.CO.ID

Lailatur Qadar adalah salah satu malam pada Ramadan yang mana kemuliaan malam itu digambarkan lebih baik dari 1000 bulan.

Sejarah malam Lailatulqadar ini adalah momen ketika Al Quran diturunkan dari Lauh Al-Mahfuz ke Baitul Izzah atau langit dunia. Quraish Shihab dalam Membumikan Al-Qur’an (199) menjelaskan terdapat tiga makna qadar yang terkait dengan malam lailatul qadar.

Malam Lailatul Qadar 2021 bisa jadi merupakan malam yang paling ditunggu-tunggu saat bulan Ramadhan. Terdapat banyak keutamaan malam Lailatul Qadar Nabi Muhammad sendiri hanya memberikan katakunci, kalau Lailatul Qadar mayoritas turun di tanggal-tanggal ganjil sepuluh terakhir Ramadhan.

Merujuk pada tafsir Prof Dr Muhammad Quraish Shihab dalam buku Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat (1999), pada saat-saat tersebut Rasulullah akan bertadarus sembari merenung berdoa.

Adapun salah satu amalan yang kerap beliau lakukan untuk menjemput Lailatul Qadar adalah memperbanyak membaca dan menghayati makna doa sapu jagat.

Berikut bunyi doa sapu jagat beserta artinya.

Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasana wa qina 'adzabannar.

Artinya: Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami kebajikan di dunia dan kebajikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Sementara itu, mengenai makna yang terkandung dalam doa sapu jagat tersebut yakni berisi permohonan umat muslim yang disertai usaha.

Halaman
1 2 3 4
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler