Malam Lailatul Qadar Ramadhan 1442 H: Amalan, Doa ,Makna, dan Keistimewaannya

Minggu, 2 Mei 2021 15:20 WIB

Share
Doa Pagi dan petang untuk memohon perlindungan - foto tongkoronganislam

Orang yang membaca doa sapu jagat tak sekadar memohon kebaikan di dunia dan akhirat, melainkan berusaha pula untuk meraih kebajikan tersebut.

Sementara kebaikan tersebut tidak hanya untuk didapatkan di dunia tapi juga di akhirat kelak sesuai dengan hakikat malam lailatul qadar yang kebaikan dan kemuliannya bersifat tanazzalul atau berkesinambungan.

Sebagai catatan, meski Allah SWT menjanjikan kemuliaan pada Lailatur Qadar, seseorang diminta meningkatkan amal dan ibadah, tak sekadar menunggu malam tersebut.

Sebab, kebaikan harus dilakukan secara terus menerus sebagaimana kemuliaan yang ditunjukkan pada malam Lailatur Qadar dan dampaknya terhadap kehidupan di waktu yang akan datang.

Keistimewaannya adalah doa kita akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Berikut amalan yang bisa kita lakukan.

1. Salat

Meskipun salat merupakan kewajiban umat Muslim setiap hari, namun melakukan salat atas dasar niat kepada Allah SWT saat malam lailatul qadar tentu membawa manfaat yang begitu besar.

Salah satunya yang tertuang dalam hadist berikut: Nabi Muhammad SAW seperti diriwayatkan Abu Hurairah pernah bersabda:

Siapa saja yang melaksanakan salat saat malam lailatul qadar karena iman dan berharap pahala dari Allah, dosa-dosanya akan diampuni.” (Hadits Riwayat Bukhari Nomor 1.901).

Halaman
1 2 3 4
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler