Letjen Ganip Warsito Resmi Menggantikan Letjen Doni Monardo sebagai Kepala BNPB dan Satgas Penanganan Covid-19 

Rabu, 26 Mei 2021 13:56 WIB

Share
Letjen TNI Ganip Warsito resmi gantikan Letjen TNI Doni Monardo sebagai Kepala BNPB dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19. (batlax)

JAKARTA, POSKOTAJABAR.CO.ID -

Letnan Jenderal (Letjen) TNI Ganip Warsito resmi menggantikan Kepala Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas Penanganan) Covid-19, Letjen Doni Monardo. Doni Munardo yang diganti, resmi pamit undur diri karena memasuki masa pensiun.

Melalui Surat Keputusan Presiden (Keppres) 79/P/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Ganip Warsito secara resmi dilantik. Seiringan dengan itu Doni Monardo pamit, yang memasuki masa purna bakti.

"Dengan berakhirnya masa tugas sebagai TNI aktif dan memasuki masa purna bakti, kami mohon pamit sebagai Kepala BNPB, sekaligus sebagai Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19," demikian pesan Doni Monardo secara tertulis.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, selama menjabat, Doni Munardo telah melakukan banyak pencapaian.

"Pak Doni sangat luar biasa selama memimpin penanggulangan bencana di Indonesia. Pengalaman dalam menangani bencana berskala besar, seperti gempa bumi Sulawesi Barat dan cuaca ekstrem di Nusa Tenggara Barat, serta penanganan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, sangat diapresiasi oleh banyak pihak," ujar Raditya, Selasa (25/05/2021).

Tema “Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita” sangat kuat dalam kepemimpinannya sebagai salah satu upaya mitigasi bencana. Pengalaman dalam menangani bencana sangat diapresiasi oleh banyak pihak. Di bawah kepemimpinan Doni, mitigasi vegetasi menjadi model dalam penanganan bencana hidrometeorologi basah dan geologi, seperti banjir, tanah longsor, dan tsunami.

Melalui pendekatan pentaheliks yang dilakukan Doni Monardo, memberikan nuansa kolaborasi dan kerja sama nyata dalam penanggulangan bencana di Tanah Air. (Poskota/nst)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler