Format Kompetisi Liga 1 Berlangsung dalam Enam Seri

Minggu, 30 Mei 2021 08:30 WIB

Share
Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto (kiri), mengumumkan format sistem kompetisi Liga 1 dan Liga 2, hasil Kongres Biasa PSSI 2021. (PSSI)

JAKARTA, POSKOTAJABAR.CO.ID. -

Format Kompetisi Liga 1 2021 akan berlangsung selama enam seri dan digelar denghan sistem bubble to bubble. Demikian salah satu hasil Kongres Biasa PSSI 2021 yang berlangsung di Hotel Raffles Kuningan, Jakarta, 29-30 Mei 2021.

Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, seusai Kongres Biasa PSSI mengumumkan, format Liga 1 itu akan menggunakan sistem seri seperti Piala Menpora 2021 lalu ytang berlangsung di beberapa kota.

"Sistem ini akan membagi pelaksanaan Liga 1 2021 menjadi enam seri yang digelar di berbagai provinsi, namun semuanya berlangsung di Pulau Jawa," ungkap Iwan Budianto dalam keterangannya.

Menurut Iwan Budianto, Liga 1 tetap menggunakan format  kompetisi penuh dengan total 306 pertandingan, tetapi sistemnya dibedakan. Hal itu, mengingat jumlah pertandingan Liga 1 itu hampir 10 kali lipat dari Piala Menpora.

"Oleh karena itu, maka kita akan melangsungkan kompetisi dengan enam seri  di berbagai kota dan provinsi," jelas mantan CEO Persik Kediri itu.

Keenam seri itu yakni Seri I di Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat,  Seri II di Jawa Tengah dan Yogyakarta,  Seri III di Jawa Timur, Seri IV di Jawa Timur Seri, Seri V di  Jawa Tengah dan Yogyakarta, dan Seri VI di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat.

Setiap seri, lanjut Iwan Budianto, akan digelar selama sekitar satu setengah bulan. Kemudian akan ada jeda waktu istirahat untuk melanjutkan ke seri berikutnya. 

"Sekitar 1,5 bulan setiap klub akan bertanding di beberapa stadion. dan ada waktu antara satu seri ke seri berikutnya. Jadi, ada waktu libur dan lpara pemain bisa berlatih bersama klubnya masing-masing," jelas Iwan.

Mengenai rencana kick-off, Iwan Budianto mengungkapkan, ada perubahan atau pengunduran waktu. Rencana sebelumnya akan mulai digelar 3 atau 7 Juli 20021. Namun, akhirnya diputuskan kick off menjadi 10 Juli 2021.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler