Menteri KKP RI Sakti Wahyu : Aquarium Raksasa Piamari Belum Penuhi Syarat untuk Dibuka

Selasa, 4 Mei 2021 14:43 WIB

Share
Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Sakti Wahyu Trenggono didampingi Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata saat melakukan kerja ke PIAMARI Pangandaran (foto: humaspemkab)

Menteri KKP RI Sakti Wahyu : Aquarium Raksasa Piamari Belum Penuhi Syarat untuk Dibuka

 

PANGANDARAN, POSKOTAJABAR.CO.ID

Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Sakti Wahyu Trenggono melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Lokasi yang jadi tujuan Menteri KKP di antaranya, pabrik pakan Mandiri Pangandaran, Politeknik KP Pangandaran, Piamari Pangandaran dan Pelabuhan Pangandaran.

Pada saat melakukan kunjungan kerja ke kompleks PIAMARI yang dibangun sejak tahun 2017, dimana terdapat 3 bangunan utama, yaitu Gedung Akuarium, Gedung Riset, dan Dormitory.

Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan bahwa pembangunan Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute atau PIAMARI memang luar biasa, namun perlu ada koreksi dari segi penataan dan desain.

Konsep dan letak lokasinya sudah bagus juga sangat strategis, namun ada dua hal atau bagian yang perlu diperbaiki, dikoreksi, di antaranya terkait penataan profiling ikan-ikan yang diperlihatkan agar edukasinya sampai. Kedua terkait unsur-unsur rekreasinya, perlu perbaikan, penataan lagi dan juga penambahan," ujarnya.

Menurut dia, dua hal tersebut belum memenuhi syarat pada konsep Akuarium PIAMARI. Pembangunan akuarium ini tidak boleh nanggung, semua harus didesain dengan baik, dan disiapkan juga bagaimana transportasinya.

"PIAMARI berfungsi untuk sarana edukasi, jadi perlu penambahan profile tentang ikan  dan biota laut yang ada disana, terdiri dari katarestik, asalnya dari mana dan lain-lain. Kemudian fungsi yang kedua untuk rekreasi," sebutnya.

Karena dua hal tersebut, Wahyu menilai bahwa PIAMARI belum memenuhi syarat untuk dibuka untuk umum.  Namun dari sisi letak sudah cukup bagus, karena ada di daerah pariwisata.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler