Mengenal Box Breathing: Teknik Relaksasi Kuat Pernapasan Dalam yang Bantu Redakan Stres

Selasa, 22 Juni 2021 07:18 WIB

Share
Box Breathing. [foto:Pinterest]

BANDUNG,POSKOTAJABAR.CO.ID

Box Breathing adalah teknik relaksasi yang kuat, namun sederhana, yang bertujuan untuk mengembalikan pernapasan ke ritme normalnya. Latihan pernapasan ini dapat membantu menjernihkan pikiran, merilekskan tubuh, dan meningkatkan fokus.

Teknik ini juga dikenal sebagai "mengatur ulang napas Anda" atau pernapasan empat persegi. Ini mudah dilakukan, cepat dipelajari, dan bisa menjadi teknik yang sangat efektif bagi orang-orang dalam situasi stres.

Orang-orang dengan pekerjaan dengan tingkat stres tinggi, seperti tentara dan polisi, sering menggunakan pernapasan kotak saat tubuh mereka dalam mode pertarungan atau lari. Teknik ini juga relevan bagi siapa saja yang tertarik untuk memusatkan diri atau meningkatkan konsentrasi mereka.

Metode box breathing

Box Breathing. [foto:Pinterest]

Pernapasan kotak adalah teknik sederhana yang bisa dilakukan seseorang di mana saja, termasuk di meja kerja atau di kafe. Sebelum memulai, orang harus duduk dengan punggung ditopang di kursi yang nyaman dan kaki di lantai.

  • Tutup matamu. Tarik napas melalui hidung sambil menghitung sampai empat secara perlahan. Rasakan udara masuk ke paru-paru Anda.
  • Tahan napas dalam sambil menghitung perlahan sampai empat. Cobalah untuk tidak menutup mulut atau hidung Anda. Cukup hindari menghirup atau menghembuskan napas selama 4 detik.
  • Mulailah menghembuskan napas perlahan selama 4 detik.
  • Ulangi langkah 1 sampai 3 setidaknya tiga kali. Idealnya, ulangi ketiga langkah tersebut selama 4 menit, atau sampai ketenangan kembali.

Jika seseorang merasa teknik ini sulit untuk memulai, mereka dapat mencoba menghitung sampai tiga, bukan empat. Setelah seseorang terbiasa dengan teknik ini, mereka dapat memilih untuk menghitung sampai lima atau enam.

Mark Divine adalah mantan komandan Navy SEAL yang telah menggunakan teknik ini sejak 1987. Dalam video di bawah ini, ia menjelaskan cara menggunakan pernapasan kotak.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler