Mengenal Phubbing: Mengacuhkan Orang Lain demi Handphond, Dampak dan Cara Berhenti Melakukannya

Sabtu, 26 Juni 2021 20:22 WIB

Share
Phubbing, mengacuhkan orang lain demi handphone. (foto ist: Pinterest)

BANDUNG,POSKOTAJABAR.CO.ID

Phubbing yaitu menggambarkan keadaan mengacuhkan orang lain demi menggunakan handphone. Meski istilah ini belum dikenal luas, namun pasti banyak dari Anda yang sudah melakukannya tanpa disadari.

Coba Anda perhatikan ketika berkumpul bersama teman di restoran. Anda dan teman-teman mungkin akan asik bermain handphone daripada saling bercengkrama. Hal ini lumrah, apalagi di zaman sekarang.

Penelitian tersebut bahkan mengatakan bahwa phubbing merupakan suatu pertanda dari kecanduan smartphone. Ini bukanlah fenomena sepele, sebab kecanduan smartphone memiliki efek yang sama pada otak layaknya kecanduan heroin dan obat-obatan terlarang lainnya.

Bahkan, pemblokiran sosial media secara mendadak pada mereka yang sering menggunakannya dapat menimbulkan gejala serupa dengan sakau pada pecandu alkohol atau obat-obatan.

Efek Buruk dari Phubbing

Lebih dari itu, efek buruk phubbing tak hanya berdampak bagi pelaku, tapi juga korbannya. Kebanyakan korban dari phubbing malah akan bereaksi dengan menggunakan handphone miliknya sendiri.

Rasa “terluka” akibat diacuhkan akan mendorong korban phubbing untuk menggunakan handphone miliknya, untuk mengakses sosial media agar mereka merasa lebih ikut serta dalam interaksi walaupun di dunia maya.

Cara berhenti melakukan phubbing

Phubbing mungkin merupakan kebiasaan yang mungkin terlihat mudah untuk dihilangkan, tapi kenyataannya tidak. Saat sudah kecanduan dengan ponsel, dibutuhkan tekad dan usaha keras untuk bisa menghilangkan kebiasaan buruk ini.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler