Memperingati Hari Sepeda Sedunia, Pemkot Bandung Akan Perbanyak Jalur Sepeda

Jumat, 4 Juni 2021 15:57 WIB

Share
Bandung Menjawab di Taman Dewi Sartika Balai Kota Bandung, Kamis (3 Juni 2021)

BANDUNG, POSKOTAJABAR.CO.ID

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan setiap tanggal 3 Juni sebagai Hari Sepeda Sedunia atau World Bicycle Day.

 Latar belakang lingkungan dan dampak positif dari bersepeda jadi pendorong ditetapkannya hari ini sejak 2018 lalu.

Sepeda menjadi sarana transportasi yang paling ramah lingkungan. Bahkan belakangan budaya bersepeda sendiri jadi tren lagi sejak pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia.

Sebagai bentuk dukungan terhadap budaya bersepeda, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berusaha memperbanyak jalur sepeda di Kota Bandung. Atas hal itu juga, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengajak komunitas sepeda untuk terus mengkaji sejumlah ruas jalan yang dapat dibuatkan jalur sepeda.

"Kalau yang belum ada jalur kita kaji. Jalan di Kota Bandung ini relatif sempit dan pendek itu juga butuh kajian," katanya pada kegiatan Bandung Menjawab di Taman Dewi Sartika Balai Kota Bandung, Kamis (3 Juni 2021).

Menurutnya, peran komunitas sangat penting jika akan mengembangkan jalur sepeda. Komunitas memiliki kemampuan mengkaji jalur mana saja yang layak sesuai konturnya.

"Kalau dengan komunitas lebih gampang. Di Bandung dengan membuat jalur sepeda bersama komunitas. Kita lakukan ini secara perlahan," tutur wakil wali kota.

Jika pun belum ada jalur sepeda, para pesepeda bisa menggunakan jalan samping kiri. "Kalau tidak ada jalurnya, maka gunakan di pinggir kiri. Karena harus berbagi dengan pengguna jalan lainnya," katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan mengaku sangat mendukung Pemkot Bandung untuk terus memperbanyak jalur sepeda. Ia pun mendorong agar Pemkot Bandung bersinergi dengan komunitas. Sehingga dapat diketahui jalur mana saja yang bisa dilalui dan aman untuk digunakan.

Halaman
1 2
Reporter: Ririn
Editor: Ririn
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler