Tim Arkeolog Situs Dingkel Indramayu Temukan Gacuk,  Sejenis Permainan Anak Terbuat dari Gerabah   

Jumat, 4 Juni 2021 21:01 WIB

Share
Tim arkeolog di situs Dingkel, Desa Sambimaya, Kecamatan Juntinyuat, Indramayu, Jabar menemukan Gacuk, sejenis alat permainan yang terbuat dari gerabah. (foto:Yan)

Ia menggambarkan, gerabah gores yang ditemukan di situs Buni memiliki fungsi penggunaan yang berbeda seperti sebagai wadah bekal kubur dan fungsi sebagai alat penunjang memasak sehari hari.

"Fragmen gerabah gores yang kita temukan perlu ada kajian lanjutan,  terkait fungsinya di situs ini pada masa lalu," jelas Nanang.

Sementara, progres ekskavasi di situs Dingkel Sambimaya ini,  tim arkeologi sudah menggali tiga kotak ekskavasi. Masing-masing kotak tim berhasil menemukan dinding struktur bangunan, sudut struktur bangunan, dan fragmen gerabah lokal dalam jumlah yang banyak.

Pada ekskavasi kali ini, tim memperkirakan tiga bangunan saling berdekatan. Hanya saja, tim arkeologi dari Balar Bandung dan BPCB Banten belum dapat menginterpretasikan apakah bangunan ini berfungsi sebagai bangunan suci atau hanya sebagai rumah tinggal. (Yan)

 

Halaman
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler