Simak Persyaratan Bekerja di Luar Negeri Sebagai Pekerja Migran Indonesiaa (PMI) 

Minggu, 15 Agustus 2021 21:36 WIB

Share
Ilustrasi karier. (foto: unsplash)

BANDUNG, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Saat ini banyak yang memilih mencari pekerjaan di luar negeri, rata-rata  dorongan paling dominan adalah standar gaji yang lebih besar ketimbang bekerja di Tanah Air.

Lantas syarat apa yang diperlukan untuk bekerja di sana? setiap negara penempatan memiliki kebijakan masing-masing yang mengatur soal ketenagakerjaan.

Karena syarat dan kualifikasi yang berbeda-beda bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI), di setiap negara untuk bisa memperoleh visa bekerja

Namun demikian, untuk persyaratan yang dikeluarkan pemerintah Indonesia, relatif berlaku sama bagi seluruh PMI untuk semua negara penempatan.

Pemerintah menganjurkan untuk menjadi PMI prosedural, karena bisa bisa lebih terlindungi.

 

Sementara mereka yang tidak memenuhi syarat dari pemerintah Indonesia lantas disebut sebagai PMI non-prosedural yang rentan terhadap berbagai praktik kejahatan

PMI non-prosedural adalah warga negara Indonesia yang bekerja ke luar negeri tidak melalui prosedur penempatan PMI yang benar, antara lain:

° Memalsukan dokumen dan memanipulasi data calon PMI
° Dokumen tidak lengkap
° Tidak menggunakan visa kerja, dengan bantuan oknum baik kelompok maupun perorangan
° Mengabaikan prosedur dan mekanisme penempatan PMI yang telah diatur oleh undang-undang dan ketentuan hukum yang berlaku

Halaman
1 2
Reporter: Dikki Wahyu Afandi
Editor: Dikki Wahyu Afandi
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler