Wantanas Dorong Jabar Bica Cepat Capai Herd Immunity, Inilah Dukungannya

Minggu, 29 Agustus 2021 06:43 WIB

Share
Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto bersaama Unsur Forkopimda mengikuti kegiatan Gebyar Vaksin Jabar Juara 2021 secara virtual. (Foto: Ist.)

TASIKMALAYA, POSKOTAJABAR.CO.ID

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mengikuti pembukaan Gebyar Vaksin Jabar Juara 2021 secara virtual dari Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya Jalan Otto Iskandardinata Kota Tasikmalaya, Sabtu (28/08/2021). 

Gebyar Vaksin Jabar Juara 2021 tersebut diselenggarakan atas kerjasama Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pada acara tersebut Wantannas RI mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk memasok 15 juta dosis vaksin Covid-19 per bulan ke Provinsi Jawa Barat.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Wantannas, Laksdya Harjo Susmoro mengatakan, dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia, Jabar membutuhkan lebih banyak pasokan vaksin, agar kekebalan kelompok atau herd immunity yang ditargetkan Desember 2021 dapat tercapai.

"Sehingga, ini perlu kita dorong agar (herd immunity) bisa lebih cepat dalam tanda kutip secara proporsional. Sehingga herd immunity bisa terjadi serempak, seimbang di seluruh Indonesia," ujarnya.

Menurut Harjo, saat ini, capaian target vaksinasi Covid-19 di seluruh Indonesia sudah mencapai 28%. Namun, kata dia, capaian target vaksinasi di Jabar masih di bawah 28%.

"Nah ini yang akan kita dorong, agar seirama dengan capaian target nasional," tegasnya.

Harjo juga mengatakan, Wantannas telah membuktikan dukungannya kepada Jabar, salah satunya mendorong Kemenkes memasok 650.000 dosis vaksin untuk kebutuhan Gebyar Vaksinasi Covid-19 ini.

"Kita sudah buktikan hari ini kita kebutuhan vaksin sekitar 650.000 (dosis) dan kita dorong ke kementerian dan sudah terhubung 650.000. Saya coba sampaikan ke Jabar, mari kita buktikan Jabar mampu memenuhi target per hari minimal 450.000 untuk memvaksin 37 juta warga sampai Desember nanti," tuturnya.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler