Waduuh! Pencurian Ranmor Fidusia Libatkan Sindikat Jaringan Luar Negeri, Inilah Penjelasan Kapolres Cirebon Kota

Minggu, 12 September 2021 08:57 WIB

Share
Puluhan kendaraan roda dua berhasil diamankan pihak berwajib menyusul munculnya Ranmor Fidusia di Wil. Hukum Polres Cirebon Kota. (Foto: Ejub)

CIREBON, POSKOTAJABAR.CO.ID.

Kasus pencurian kendaraan bermotor (Ranmor) Fidusia yang melibatkan sindikat jaringan luar negeri kini terungkap menyusul aksi mereka terendus pihak berwajib saat akan mengirim motor dari Cirebon ke Vietnam dan Timor Leste.

"Pengiriman motor baru dan masih dibungkus plastik itu dilakukan tersangka melalui Tangerang diawali dengan pengajuan aplikasi bodong kepada leasing," tutur Kapolres Cirebon Kota AKBP Imron Ernawan,SH.

Untuk mengelabui perbuatannya, tersangka menggunakan identitas orang lain seperti Kartu Keluarga dan KTP.

"Berulangkali perbuatan itu dilakukan tersangka,  perusahaan leasing seringkali tertipu," kata Imron.

Proses pengiriman barang ke luar negeri diawali ketika tersangka melakukan transaksi setelah pembiayaan disetujui, kemudian motor diambil dari dealer.

Selanjutnya, lanjut Kapolres Cirebon Kota, motor-motor yang sudah diambil dari dealer, dibawa ke sebuah gudang di seputar Wilayah Ciperna Kec. Talun Kab.upaten Cirebon.

Dikatakan, motor-motor yang ditemukan itu dalam kodisi baru, bukan cuma dari Cirebon saja, tapi ada juga motor motor dari Wilayah Jawa Tengah.

"Motor-motor itu dikumpulkan di Tangerang. Dalam jumlah tertentu kendaraan roda dua tersebut kemudian dikirim ke luar negeri dengan harga dua kali lipat dari harga cash di Indonesia," katanya.

Kepolisian setempat baru mengamankan dua tersangka. Dia mengaku baru 10 kali melakukan pengiriman sampai Tangerang dan tidak tahu jaringan atasnya.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler