Laju Penularan Covid-19 di Indonesia Terus Menurun, Kemenkes: Tetap Prokes dan Lakukan Vaksinasi

Selasa, 8 Maret 2022 14:49 WIB

Share
Laju Penularan Covid-19 di Indonesia Terus Menurun, Kemenkes: Tetap Prokes dan Lakukan Vaksinasi
Ilustrasi stop Covid-19. (Pixabay/fernandozhiminaicela)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan laju penularan Covid-19 di Indonesia terus menurun akhir-akhir ini. 

Berdasarkan data Kemenkes, angka reproduksi virus (Rt) di delapan pulau besar Indonesia turun dari rata-rata 1,14 di 26 Februari 2022 lalu, menjadi 1.09. 

Angka reproduksi virusitu  menunjukkan laju penularan virus Covid-19. Semakin rendah angka reproduksi virus, maka laju penularan juga semakin menurun, sebagai hasil dari upaya-upaya pengendalian pandemi.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, menjelaskan, kondisi saat ini secara nasional menunjukkan tren penanganan Covid-19 membaik dengan kasus harian yang menurun. 

"Angka laju penularan virus (Rt) sudah melambat di pulau-pulau besar di Indonesia dan harapannya, angka reproduksi virus dapat terus menurun hingga di bawah 1 dalam satu bulan ke depan," katanya, dilansir laman resmi Kemenkes, Selasa 8 Maret 2022.

Menurut dia, dampak yang bisa dilihat dari lambatnya laju penularan virus ini adalah pada angka kasus harian yang kembali turun menjadi 21.380 kasus pada Senin 7 Maret 2022, lebih rendah dari hari sebelumnya 24.867 kasus. 

Selain itu, keterisian rumah sakit nasional juga turun menjadi 28% dibandingkan hari sebelumnya yang berada di posisi 29%. Angka kesembuhan juga masih tinggi hari ini di angka 48.800.

"Meskipun beberapa indikator pengendalian pandemi secara konsisten terus menunjukkan hasil positif, kita tidak boleh lalai. Kita harus tetap waspada dan lebih berhati-hati agar jangan sampai terjadi lonjakan kasus. Disiplin protokol kesehatan harus tetap dijalankan dan laju vaksinasi dosis dua dan booster harus terus kita percepat," tuturnya.

Hingga 6 Maret 2022, sudah 12 provinsi yang capaian target vaksinasi dua dosisnya di atas 70%. Serta baru 6 provinsi yang dosis vaksinasi lengkap pada golongan lansia yang tercapai.

"Kemenkes akan terus mendorong target-target vaksinasi, terutama dalam melindungi golongan lansia, komorbid, anak-anak, dan juga mempercepat vaksinasi booster," kata Nadia.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar