Masa Transisi Kota Cimahi 2023-2026, Inilah yang Tengah Disiapkan

Selasa, 15 Maret 2022 07:00 WIB

Share
Monitoring-Evaluasi RPJMD Kota Cimahi Jadi Gambaran Hasil Pelaksanaan Perencanaan Pembangunan. (Foto:ist)
Monitoring-Evaluasi RPJMD Kota Cimahi Jadi Gambaran Hasil Pelaksanaan Perencanaan Pembangunan. (Foto:ist)

CIMAHI.POSKOTAJABAR.CO.ID

Pemerintah Kota Cimahi menggelar rapat koordinasi monitoring dan evaluasi hasil Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Cimahi Tahun 2017-2022. Senin (14/3/2022).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka untuk mengukur sejauhmana pelaksanaan perencanaan pembangunan yang telah dilakukan.

"Kegiatan ini dapat  memberikan informasi penting untuk membantu pemangku kepentingan, maupun pengambil kebijakan pembangunan dalam memahami, memperbaiki, dan menentukan tindaklanjut yang tepat bagi keberhasilan sebuah perencanaan pembangunan," ujar Plt.Walikota Cimahi Ngatiyana.

Dijelaskan Ngatiyana, saat ini Kota Cimahi tengah menyusun Rencana Pembangunan Daerah (RPD) masa transisi tahun 2023-2026. 

"Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan informasi yang penting dalam penyusunan RPD Kota Cimahi tahun 2023-2026," terangnya.

Berdasarkan Permendagri Nomor 86 tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, disebutkan bahwa walikota melakukan pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan daerah, yang pelaksanaannya dilakukan oleh Bappelitbangda.

Selanjutnya, para kepala perangkat daerah melakukan monitoring dan evaluasi untuk capaian kinerja pada indikator kinerja utama (IKU), indikator kinerja kunci (IKK), dan terhadap indikator kinerja program dan kegiatan di perangkat daerah untuk periode sebelumnya.

Lebih jauh dikatakan Ngatiyana, tugas pengendalian dan evaluasi yang diamanatkan kepada wali kota dan didelegasikan kepada Bappelitbangda ini bukanlah hal yang mudah, karena terkait dengan banyaknya data yang harus dikumpulkan, dihitung, dan diverifikasi dengan benar, sehingga hasilnya dapat benar-benar dipertanggungjawabkan.

"Kegiatan monitoring dan evaluasi ini memiliki peran yang sangat penting, dan perlu menjadi perhatian kita bersama. Karena hasil dari monitoring dan evaluasi ini sebagai bahan bagi pelaksanaan program dan kegiatan untuk tahun selanjutnya," bebernya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler