RKPD Kota Cimahi Tahun 2023 Ada Lima Isu Strategis, Begini Penjelasan Ngatiyana

Jumat, 18 Maret 2022 17:33 WIB

Share
Plt Walikota Cimahi Ngatiyana menandatangani ajuan dari rencana pembangunan lima bidang masing-masing bidang Ekonomi, Fisik, Budaya, Pemerintahan dan Sosial yang telah disepakati dalam Musrenbang Kota Cimah. (foto:Bagdja)
Plt Walikota Cimahi Ngatiyana menandatangani ajuan dari rencana pembangunan lima bidang masing-masing bidang Ekonomi, Fisik, Budaya, Pemerintahan dan Sosial yang telah disepakati dalam Musrenbang Kota Cimah. (foto:Bagdja)

CIMAHI, POSKOTAJABAR.CO.ID

Pemerintah Kota  (Pemkot) Cimahi melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Cimahi menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Cimahi Tahun 2022. di Gedung Cimahi Technopark. Kamis (17/2/2022).

Musrenbang tersebut di hadiri oleh Plt. Wali Kota Cimahi Ngatiyana, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat Moch Arifin, Sekda Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan, Bappeda Provinsi Jawa Barat, Ketua DPRD Kota Cimahi Ir Ahmad Zulkarnain, MT, Unsur Muspida Kota Cimahi, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kota Cimahi, Pimpinan Instansi Vertikal dan BUMN cabang Cimahi, Pimpinan Lembaga Pendidikan Kota Cimahi, Pimpinan Ormas, OKP, LSM, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Budaya, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, serta Insan Pers Kota Cimahi.

Kegiatan ini merupakan acara puncak dari rangkaian proses perencanaan tahunan yang melibatkan berbagai pemangku kebijakan dalam pelaksanaannya. Sebelumnya telah digelar kegiatan Pelatihan Kader Perencana, FGD Musrenbang di Tingkat RW atau Rembug RW dilanjutkan dengan kegiatan FGD Musrenbang Tingkat Kelurahan dan Tingkat kecamatan. 

Musrenbang RKPD Tahun 2022 merupakan agenda tahunan guna menyepakati usulan program dan kegiatan prioritas pembangunan Pemerintah Daerah yang akan disinkronkan dengan arah kebijakan, prioritas, sasaran pembangunan, Kota Cimahi dan kegiatan strategis Provinsi Jawa Barat dan Nasional serta menjaring masukan terhadap penyempurnaan dokumen rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk penyusunan rancangan akhir RKPD Kota Cimahi Tahun 2023.

Plt. Walikota Cimahi, Ngatiyana, dalam sambutannya mengatakan ada lima isu strategis dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023. 

“Isu strategis yang akan menjadi prioritas dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2023 adalah masalah kemiskinan, kualitas dan daya saing SDM, kualitas pembangunan ekonomi, tatakelola pemerintahan serta daya dukung daya tamping lingkungan,” ungkapnya.

Ngatiyana berharap melalui kegiatan Musrenbang Kota ini akan menghasilkan kebijakan perencanaan pembangunan yang memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat.

Ia pun mengajak seluruh stakeholder dan seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan visi Kota Cimahi, “Mari Bersama-sama seluruh masyarakat Kota Cimahi, mewujudkan Cimahi Maju, Agamis, Berbudaya dan Sejahtera” sebagai visi Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kota Cimahi Tahun 2023-2026.” 

Selain itu, Ngatiyana juga mengajak, masyarakat Kota Cimahi untuk sama-sama mengawal pelaksanaan RKPD Tahun 2023 agar terlaksana dengan baik, “Kami percaya pada Bapak Sekda, Asisten dan Para Kepala Dinas pasti bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, serta mengawal program tahun 2023 yang Non APBD salah satunya underpass, flyover, kolam retensi di Pasir Kaliki, Alun-alun Kota Cimahi,”katanya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler