Berikut Tips Sehat Berpuasa Bagi Penderita Diabetes, Perhatikan Menu Makan Saat Berbuka dan Sahur

Selasa, 22 Maret 2022 22:29 WIB

Share
Ilustrasi buah dan sayuran. (foto: freepic)*
Ilustrasi buah dan sayuran. (foto: freepic)*

 JABAR.POSKOTA.CO.ID - Diabetes adalah penyakit yang membahayakan kesehatan bagi siapa saja yang menderitanya. Tingginya kadar gula di dalam darah (glukosa) menjadi faktor utama penyebab penyakit ini.

Bagi siapapun penderita atau memiliki garis keturunan penderita diabetes harus berhati-hati dalam pola konsumsi. Terlebih beberapa hari ke depan kita akan berjumpa dengan bulan suci Ramadhan.

Selama bulan puasa, biasanya banyak makanan dan minuman manis yang mudah ditemui. Padahal para penderita diabetes tidak boleh makan dan minum yang manis terlalu banyak.

Para penderita diabetes sebenarnya dapat menjalankan puasa secara penuh, asalkan tetap menjaga kandungan gula pada tubuh.

Berikut tips untuk penderita diabetes agar dapat terus menjalankan puasanya

1. Tidak Boleh Melewatkan Makan Sahur

Kondisi yang prima perlu dijaga bila sedang menjalankan kewajiban berpuasa. Bagi penderita diabetes, waktu makan sahur sangatlah penting dan jangan terlewatkan agar energi yang dibutuhkan selama berpuasa dapat terjaga. Makanan berserat perlu menjadi menu utama dalam sahur seperti sayuran, dan tidak boleh meminum minuman manis

2. Utamakan Makanan Berbuah Saat Berbuka

Komposisi makanan saat berbuka perlu diperhatikan. Terkadang kita terlalu menikmati banyaknya hidangan yang disediakan termasuk hidangan manis. Oleh karenanya, untuk mengganti makanan manis, para penderita diabetes disarankan menggantinya dengan memakan buah-buahan, seperti pisang, melon, papaya. Kemudian hindari minuman manis dan utamakan minum air putih untuk mengganti cairan yang hilang selama berpuasa.

3. Hindari Makan Gorengan

Halaman

Komentar ditutup untuk berita ini.

Berita Terpopuler