Ramai Diboikot Negara Barat Soal Ukraina, Presiden Rusia Vladimir Putin Tetap Berencana Hadiri KTT G20 di Indonesia

Rabu, 23 Maret 2022 21:14 WIB

Share
Ramai Diboikot Negara Barat Soal Ukraina, Presiden Rusia Vladimir Putin Tetap Berencana Hadiri KTT G20 di Indonesia
Presiden Rusia Vladimir Putin. (foto: akun twitter kedutaan Rusia untuk Indonesia (@RusEmbJakarta).

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Jika tidak ada halangan, Presiden Rusia Vladimir Putin tetap berencana untuk menghadiri KTT G20 di Bali Indonesia yang akan diselengarakan pada akhir tahun 2022.

Hal itu disampaikan oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, dalam jumpa pers di Jakarta Rabu 23 Maret 2022.

Seperti diketahui, hubungan Rusia dengan negara-negara barat dan sekutunya masih memanas terkait operasi militer Rusia di Ukraina. Namun, Putin tetap berkeinginan untuk menghadiri KTT tersebut.

Meskipun demikian, Vorobieva menyebutkan bahwa rencana kehadiran Putin dalam KTT G20 tergantung pada situasi. "Sejauh ini dia (Putin) mau datang ke KTT G20," tuturnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, hingga saat ini negara-negara barat termasuk AS dan sekutunya terus memberikan sanksi secara masif terhadap Rusia.

Sanki itu mulai dengan mengeluarkan Rusia dari SWIFT (sistem transaksi internasional), hingga berbagai sanksi lainnya seperti di bidang perekonomian, politik dan pengambilan aset yang dimiliki Rusia di negara lain.

Terkait hal itu, Vorobieva mengungkapkan bahwa Indonesia menjadi presidensi G20 bukan untuk membahas krisis Rusia-Ukraina, tetapi lebih kepada meningkatkan ekonomi global dan masalah lainnya.

Dia menyebutkan upaya untuk mengeluarkan Rusia dari G20 tidak akan membantu perekonomian global. "Kami mendukung presidensi Indonesia di G20," katanya.

Akhir-akhir ini, berbagai media tengah hangat membahas rencana AS dan negara Barat yang masuk G7, untuk mengeluarkan Rusia dari keanggotaan G20. (Farhan)***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar