Pemda Tasikmalaya Selama Satu Jam  akan Gelap Gulita, Ini Sebabnya

Minggu, 27 Maret 2022 16:24 WIB

Share
Pelaksanaan Gerakan Earth Hour di beberapa titik di Lingkungan Kabuptaen Tasikmalaya dilakukan oleh Staf lingkup Setda Kabupaten Tasikmalaya. (foto:ist)
Pelaksanaan Gerakan Earth Hour di beberapa titik di Lingkungan Kabuptaen Tasikmalaya dilakukan oleh Staf lingkup Setda Kabupaten Tasikmalaya. (foto:ist)

TASIKMALAYA, POSKOTAJABAR.CO.ID

Gerakan  Earth Hour adalah kegiatan rutin tahunan yang selalu dilaksanakan pada akhir bulan Maret setiap tahunnya. Kali ini dilaksanakan pada Minggu (27/3/2022) pada pukul 20.30-21.30 WIB. 

Kabupaten Tasikmalaya juga mengambil bagian pada momen penting ini, dalam rangka menyelamatkan bumi untuk generasi yang akan datang. Earth Hour mengajak masyarakat untuk bersatu dalam momen refleksi hubungan antarsesama manusia dan planet.

Dalam rangka perwujudan dukungan dan komitmen terhadap peringatan Gerakan Global Switch Off Earth Hour di Kabupaten Tasikmalaya  maka Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas terkait yang ada dilingkungan Pemda Tasikmalaya, untuk sama-sama melakukan pemadaman lampu selama satu jam pada Minggu, 27 Maret 2022 Pukul 20.30 - 21.30 Wib dengan mengambil lokasi dilingkungan Pemda Tasikmalaya Jalan Sukapura Kampung Bojongkoneng Desa Singaparna Kabupaten Tasikmalaya

"Tak lupa gerakan ini juga disuarakan melalui surat edaran pemberitahuan dan media instagram kepada seluruh instansi pemerintah di kabupaten Tasikmalaya melalui instansi pendidikan, BUMN, dan lingkungan masyarakat," kata Wakil Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin.

Menurut Cecep Nurul Yakin, program  satu jam untuk bumi salah satunya dengan cara hemat energi,  dengan mematikan lampu dan mematikan alat elektronik yang tidak digunakan.

"Saat ini dan masa depan kita bergantung pada komitmen  untuk melindungi apa yang tersisa dari alam dan memulihkan apa yang telah hilang, di rumah kita dan seluruh dunia. Untuk tema tahun 2022 yaitu shape our future yang diartikan tentukan masa depan kita," paparnya.

Setidaknya banyak kegiatan yang dapat dilakukan dalam pelaksaan Earth Hour, dalam hal ini Kabupaten Tasikmalaya menyuarakan kampanye Earth Hour yang dilakukan dalam momentum earth hour adalah bersepeda, menggunakan transportasi umum, diet kantong pelastik, menanam dan melindungi pohon, mematikan alat elektronik yang tidak terpakai, mematikan lampu, menggunakan produk lokal dan menggunakan tumblr. 

Gerakan Earth Hour Kabupaten Tasikmalaya juga diikuti oleh partisipan instansi pemerintah, lembaga pendidikan dan masyarakat yang peduli dengan mematikan alat elektronik dan lampu selama satu jam. Hal tersebut dilaporkan juga oleh Dishubkominfo Kabupaten Tasikmalaya, dengan melibatkan semua Dinas dilingkup Pemda Tasikmalaya.

"Harapannya Gerakan Earth hour kabupaten Tasikmalaya diharapkan dapat terus dilaksanakan untuk mendorong lebih banyak lagi gerakan peduli lingkungan hidup," pungkasnya. (Kris)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler