Selama Satu Bulan Penuh Umat Islam Berpuasa, Begini Sejarah Puasa Ramadhan

Kamis, 7 April 2022 17:24 WIB

Share
Selama Satu Bulan Penuh Umat Islam Berpuasa, Begini Sejarah Puasa Ramadhan
Ilus trasi : Datangnya bulan suci Ramadhan sangat dinantikan oleh setiap umat muslim di dunia. (foto:Pixabay)

BANDUNG, POSKOTAJABAR.CO.ID

Bulan suci Ramadhan tentunya sangat dinantikan oleh setiap umat Muslim di dunia. Dengan datanganya bulan Suci Ramadhan maka diwajibkan berpuasa kepada setiap Muslim di dunia.  Puasa Adalah  salah satu rukun Islam yang wajib dikerjalkan. Oleh  karenanya Islam mewajibkan kepada seluruh umatnya untuk menunaikan ini.

Selama 1 bulan penuh umat Islam akan menjalankan ibadah puasa dan di akhiri dengan perayaan Shalat Idul Fitri, namun pernahkah bertanya mengenai asal mula mengapa diwajibkan berpuasa?

Dikutip dari berbagai sumber, sejarah bulan Ramadhan dan diwajibkannya untuk berpuasa memiliki cerita panjang dalam pelaksanaannya.

Setelah Rasullah dan umatnya melakukan Hijrah dari Makkah ke Madinah, perintah  Puasa Ramadhan diberikan pada bulan Syaban tahun ke-2 Hijriah sekitar 624 Masehi. Perintah ini diturunkan melalui surat Al-Baqarah ayat 183 yang berarti :

"Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa"

Umat manusia sebelum masa Islam sudah melakukan puasa, sebagaimana yang dicontohkan oleh para nabi Allah SWT. Puasa sendiri dapat diartikan ritual pembersihan diri, rasa syukur dan permintaan maaf kepada Allah Yang Maha Kuasa. (Farhan).

 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar