Tips Agar Tetap Fit Saat Berpuasa, Diantaranya Cermati Asupan Makanan Bergizi

Kamis, 7 April 2022 19:54 WIB

Share
Ilustrasi makanan bergizi yang dapat dikonsumsi saat puasa. (pixabay).
Ilustrasi makanan bergizi yang dapat dikonsumsi saat puasa. (pixabay).

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Sering merasakan lapar pada tengah hari dan lemas secara bersamaan? Bisa jadi itu tandanya asupan makanan pada saat berpuasa kurang tepat. Akibatnya, kadang merasakan tidak enak perut, pusing kepala bahkan haus karena kekurangan cairan tubuh.

Berikut beberapa tips agar tetap fit selama berpuasa:

1. Penuhi kebutuhan air putih
Kebutuhan cairan pada tubuh itu sangat penting, Sehingga harus penuhi cairan dalam tubuh minimal 6-8 gelas per hari untuk menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang saat sedang berpuasa.

2. Jangan lewatkan makan sahur
Makan sahur adalah hal yang penting jangan sampai terlewat. Sering melewatkan makan sahur berarti tidak adanya asupan nutrisi untuk seharian penuh selama puasa.

3. Makan makanan yang bergizi
Makan sahur atau berbuka puasa haruslah yang bergizi. Sebisa mungkin dalam satu porsi makan harus ada protein, karbohidrat tercukupi, dan beberapa asupan penting lainnya. Hindari juga makanan manis dan juga berminyak.

4. Tetap aktif bergerak
Usahakan badan tetap bergerak dan lakukan aktivitas seperti biasa. Jangan bermalas-malasan agar badan tidak kaku selama berpuasa.

5. Istirahat yang cukup
Beristirahat yang cukup dan jangan begadang. Tidur minimal 6-8 jam sehari agar badan kembali ke keadaan yang sehat setiap harinya.

6. Tetap berolahraga
Tetap melakukan olahraga ringan untuk merefresh badan, contohnya berjalan kaki, bersepeda, atau bahkan yoga.

7. Hindari minum kafein
Mengonsumsi kafein pada beberapa waktu dapat memacu kinerja lambung. Sebaiknya pada saat puasa kurangi atau bahkan hindari kafein dan lebih baik diganti dengan air putih saja.

8. Hindari merokok
Untuk perokok, hindari merokok berlebihan pada saat berbuka puasa atau setelah puasa seharian agar paru-paru dapat bekerja lebih baik dalam mengatur kadar oksigen dalam tubuh selama berpuasa. Lebih baik lagi tentu berhenti merokok.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler