Berikut Amalan yang Pahalanya Berlipatganda Selama Bulan Ramadhan

Jumat, 8 April 2022 16:07 WIB

Share
Berikut Amalan yang Pahalanya Berlipatganda Selama Bulan Ramadhan
Ilustrasi berdoa. (pixabay)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Bulan Ramadhan menjadi momentum umat Islam untuk bersyukur dan berlomba dalam kebaikan. Pahala dari amalan di Bulan Ramadhan tentu berlipatganda, di antaranya dengan banyak bersedekah, membaca Al-Quran, Sholat Tarawih dan I'tikaf.

Banyak sekali umat Islam yang memanfaatkan momen ini untuk terus beramal dan berbuat kebaikan. Berikut amalan yang dilipatgandakan selama Bulan Ramadhan :

1. Puasa Ramadhan

Amalan ini menjadi amalan utama yang dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Puasa Ramadhan menjadi kewajiban bagi seluruh umat Islam di dunia sebagai mana yang diperintahkan dalam Al-Quran Surat Al- Baqarah ayat 183. Dan dalam hadist Rasulullah SAW bersabda :

"Dari Abu Huraira r.a., Nabi Muhammad s.a.w bersabda : Barang siapa yang melaksanakan puasa Ramadhan dengan keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosanya yang telah berlalu". Hadist Shahih, riwayat Al-Bukhari; 37 dan Muslim: 1266.

2. Shalat Tarawih

Hadist salat sunnah Tarawih ini dijelaskan di dalam hadist sahih yang diriwayatkan oleh Bukhari; 36 dan Muslim; 1267 yang berbunyi :

"Siapa yang mengerjakan shalat malam pada bulan Ramadhan dengan iman dan ikhlas, maka di ampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

3. Membaca Al-Quran

Banyak muslim yang berlomba untuk menyelesaikan bacaan Al-Qurannya selama bulan Ramadhan. Sebagaimana diriwayatkan dalam hadist sahih Bukhari : "Jibril mendatangi Rasulullah SAW pada tiap malam bulan Ramadhan dan mengajarkannya Al-Quran."

Halaman
Editor: Ivan W.
Contributor: Farhan
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar