Ini Beberapa Amalan Istimewa yang Dapat Ditunaikan Pada Hari Jumat Terutama Selama Bulan Ramadhan

Jumat, 8 April 2022 08:57 WIB

Share
Ini Beberapa Amalan Istimewa yang Dapat Ditunaikan Pada Hari Jumat Terutama Selama Bulan Ramadhan
Ilustrasi membaca Al-Qur’an. (foto: pixabay).

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Hari jumat merupakan hari istimewa bagi umat Islam. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Jumat adalah sebaik-baiknya hari kala mentari
terbit. Nabi Adam diciptakan pada hari Jumat. Demikian pula ketika dimasukan dan dikeluarkan dari Surga."

Maka dari itu, banyak umat muslim pada hari Jumat melakukan hal-hal baik termasuk berdoa. Ini beberapa hal yang bisa dilakukan pada hari Jumat dan Bulan Ramadhan:


1. Membaca Sholawat

Membaca Sholawat ini dijelaskan melalui Riwayat HR. Baihaqi artinya: “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.”

Jadi disarankan hari Jumat membaca Sholawat bagi umat muslim.

2. Perbanyak membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Quran sudah menjadi kebutuhan bagi umat Islam setiap hari. Dengan hari Jumat yang istimewa terlebih dibaca pada saat bulan suci Ramadhan merupakan hal yang tidak bisa dilewatkan keistimewaannya.

 

3. Membaca Surat Al-Kahfi

Pada hari Jumat yang tidak boleh dilewatkan umat Muslim adalah sunnah membaca surat Al-Kahfi. Orang yang membaca surat ini akan terhindar dari fitnah Dajjal dan akan timbul cahaya dari bagian telapak kaki untuk memberikan sinar cahaya pada hari kiamat dalam sebuah hadist.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar