Beberapa Aktivitas Ini Sering Dianggap Membatalkan Puasa, Apakah Hanya 'Mitos'?

Sabtu, 9 April 2022 10:57 WIB

Share
Ilustrasi menggosok gigi. (pixabay)
Ilustrasi menggosok gigi. (pixabay)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Ada beberapa aktivitas yang membatalkan puasa seperti makan dan minum, ada pula aktivitas yang disebut bisa membatalkan puasa, padahal sebenarnya tidak demikian, sehingga dianggap sebagai mitos. Apakah itu?

1. Gosok gigi saat puasa
Hal ini sering dipertanyakan. Namun gosok gigi pada saat sedang puasa sebenarnya tidak batal tetapi makruh, tidak dilarang tapi harus hati-hati agar tidak tertelan. Jadi lebih baik sikat gigi sebelum imsak dan setelah berbuka puasa.

2. Berkumur-kumur
Berkumur-kumur pada saat puasa tidak dilarang, karena pada saat wudhu pun wajib berkumur-kumur. Karena aktivitas ini hanya mencuci area mulut tidak sampai masuk ke kerongkongan.

3. Disuntik
Saat masa pandemi Covid-19 ini banyak orang membutuhkan vaksin. Namun ada anggapan bahwa disuntik membatalkan puasa karena cairan suntikan masuk ke aliran darah. Padahal tidak demikian.  Ada saran pula lebih baik jika disuntik setelah waktu puasa.

4. Donor darah
Donor darah pada saat puasa tidak membatalkan puasa. Dikarenakan pada saat donor darah itu darah yang keluar merupakan darah bersih, tidak ada sesuatu yang disuntikkan ke dalam tubuh.

5. Berbohong
Berbohong sebenarnya dianggap mitos dapat membatalkan puasa. Tetapi sebenarnya berbohong merupakan perihal yang mengurangi pahala berpuasa bukan membatalkan puasa.

6. Tidak sengaja makan atau minum
Pernah tidak sengaja makan atau minum pada saat puasa karena lupa dan sedang tidak fokus? Perihal ini tidak membatalkan puasa jika tidak meneruskan makan atau minum setelah ingat. Maka diperbolehkan untuk lanjut berpuasa, kecuali sudah ingat tetapi tetap melanjutkan makan atau minum maka dianggap batal.

7. Muntah
Muntah juga merupakan mitos yang sering disebutkan, pada kondisi muntah tidak disengaja itu tidak membatalkan puasa maka masih boleh melanjutkan puasa. Terkecuali dengan sengaja memicu rasa mual kemudian muntah, maka itu dianggap batal.

Aktivitas atau hal mitos manakah yang paling sering didengar?. (Desri)***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler