Beberapa Cendekiawan Muslim Terkenal dan Penemuannya yang Mengubah Dunia Modern

Minggu, 10 April 2022 14:55 WIB

Share
Beberapa Cendekiawan Muslim Terkenal dan Penemuannya yang Mengubah Dunia Modern
Ilustrasi bintang langit sering digunakan sebagai obyek penelitian dalam ilmu Astronomi, termasuk oleh pada cendekiawan muslim beberapa abad lalu. (foto: pexels)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Abad ke-6 dan 10 menjadi masa kejayaan Islam di dunia terutama di bidang keilmuan. Para filsuf dan ilmuwan muslim bermunculan, baik di bidang Matematika, Astronomi, Kedokteran, Fisika, Kimia maupun bidang lainnya. Banyak temuan mereka masih digunakan dalam penelitian atau kegiatan lainnya di masa kini.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa tokoh Cendekiawan Muslim dan penemuannya :

1. Ibnu Sina
Seorang Ilmuan Islam besar dan terkenal dunia di dalam bidang kedokteran. Ibnu Sina dijuluki sebagai "Father of Doctor", banyak penemuannya yang mengisi ruang-ruang kedokteran moderen, seperti penemuan Etanol dan penularan TBC serta penciptaan alat bedah yang masih sering digunakan dalam dunia kedokteran modern.

Melalui buku karyanya yang berjudul 'Qanun fi Thin' yang memiliki arti kaidah kedokteran, Ibnu Sina mampu membawa pencerahan baru dalam dunia kedokteran. Filsuf yang berasal dari Negara Uzbekistan dan lahir sekitar 980 masehi dikenal sebagai Avicena di dunia Barat.

2. Al Khawarizmi
Dunia ilmu Matematika tentunya sudah tidak asing dengan seorang filsuf muslim ini. Dia adalah Al Khawarizmi, karyanya banyak menginspirasi para ilmuan dunia di bidamg fisika dan matematika khususnya, seperti teori Aljabar, Trigonometri dan Astronomi, Algoritma, dan penemuan angka Nol (0) yang begitu fenomenal.

Jika Al Khawarizmi hidup pada abad moderin ini, tentunya dia akan banyak memperolah penghargaan ilmuwan dan nobel, karena begitu besarnya dalam membantu perkembangan ilmu moderen hari ini.

3. Abbas ibn Firnas
Dunia Aerodinamika tentu mengenal filsuf asal Anadalusia ini. Abbas merupakan Muslim pertama yang disebut menjadi penerbang pertama di dunia.

Jika barat sekarang mendominasi dalam dunia Aerodinamika, namun Abbas merupakan orang pertama yang mencetuskan konsep pesawat terbang di dunia.

5. Ibnu Al Haytham
Kemajuan teknologi hari ini tentunya tak lepas dari campur tangan seorang Ibnu Al Haytham yang berasal dari Basrah, Irak.Penemuannya terkenal dalam dunia sain terutama fisika maupun filsafat.

Kitab Al-Manazir yang banyak diterjemahkan dalam berbagai bahasa dan terjemahan terkenal dari buku ini adalah 'The Book of Optics' terdiri dari 7 jilid yang banyak membahasa mengenai teori cahaya.

Halaman
Editor: Ivan W.
Contributor: Farhan
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar